Lima Tewas, Helikopter Rusia Ditembak Jatuh di Suriah

Lima Tewas, Helikopter Rusia Ditembak Jatuh di Suriah

Helikopter militer Rusia ditembak jatuh di Suriah menewaskan lima personel militer, Senin (1/8/2016). (foto - Reuters)

Damaskus - Pemberontak di Provinsi Idlib di Suriah utara, menembak jatuh helikopter Rusia yang menewaskan sedikitnya lima personel militer.

Seperti dilaporkan BBC, Senin (1/8/2016) para pejabat pertahanan mengatakan, pesawat Mi-8 itu mengangkut lima orang di dalamnya. Berdasarkan laporan kelimanya tewas.

Sementara media lokal setempat mengabarkan, helikopter sedang mengudara setelah mengantarkan bantuan kemanusiaan dari kota Aleppo. Tidak jelas kelompok mana yang telah menjatuhkan helipopter itu. Kini, di Idlib terdapat aliansi kelompok pemberontak termasuk faksi jihad garis keras, yang merupakan kekuatan yang dominan di Idlib.

Rusia sebelumnya telah kehilangan pesawat pada Juli 2016 lalu. Dua pilot Rusia tewas ketika helikopter mereka ditembak jatuh di timur kota Palmyra oleh kelompok yang menamakan diri Islamic State. Berawal ketika Rusia meluncurkan operasi dukungan untuk pemerintah Suriah akhir September 2016 nanti.

Foto yang beredar di media sosial konon memperlihatkan helikopter Rusia yang telah ditembak jatuh. Dalam foto terlihat puing-puing, tubuh yang terbakar, dan orang-orang bersenjata sedang berkeliaran.

Rusia adalah pendukung utama Presiden Suriah Bashar al-Assad, dan mendukung pasukan pro pemerintah dengan melakukan serangan udara terhadap pemberontak. Pasukan pemerintah memotong bagian timur yang dikuasai pemberontak Aleppo bulan lalu.

Rusia dan Suriah mengumumkan, mereka mengajak warga sipil melawan pemberontak. Namun, hanya sedikit dari mereka yang ikut karena takut akan menjadi sasaran.

Sementara itu, pada Minggu 31 Juli 2016, kelompok pemberontak selatan dari Aleppo meningkatkan upaya untuk keluar dari pengepungan. Hal tersebut merupakan salah satu serangan terbesar sepanjang Juli. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,