Aktivitas Warga Lumpuh, Hongkong Diterjang Topan Nida

Aktivitas Warga Lumpuh, Hongkong Diterjang Topan Nida

Aktivitas Warga Lumpuh, Hongkong Diterjang Topan Nida. (foto - Getty Images)

Hongkong - Sejak akhir pekan lalu aktivitas warga Hongkong lumpuh, setelah diterjang Topan Nida. Aliran listrik di beberapa distrikpun terputus, ratusan penerbangan batal serta transportasi umum berhenti beroperasi. Topan Nida kali ini tercatat sebagai yang paling kuat yang pernah menerjang Hongkong sejak terakhir kali terjadi pada 1983.
 
Seperti dilaporkan BBC, Selasa (2/8/2016) topan itu telah merubuhkan lebih dari 114 pohon di seantero Hongkong. Semua jenis transportasi publik mulai dari kapal feri, kereta, api, bus serta pesawat terbang dilarang untuk beroperasi oleh otoritas perhubungan sampai situasi pulih sepenuhnya. Bandara Hongkong pun dikabarkan membatalkan sebanyak 150 penerbangan.
 
Sementara di beberapa distrik masih terancam bahaya banjir. Oleh karena itu, pemerintah Hongkong mengimbau kepada seluruh warganya untuk tidak keluar rumah, kecuali ada kepentingan mendesak.
 
Topan Nida memicu hujan yang disertai angin kencang dengan kecepatan 150 kilometer per jam. Dalam skala internasional Nida berada di level 8, artinya paling berbahaya urutan ketiga dari jenis topan lainnya.
 
Dilaporkan, taifun tersebut sedang bergerak menuju daratan Cina.  Pemerintah Guangzhou sudah menerbitkan imbauan pada masyarakat agar berhati-hati saat keluar rumah. Warga diminta menimbun bahan makanan yang cukup untuk tiga hari. 
 
Lebih dari 220 penerbangan di kawasan Guangzhou, Shenzhen serta Zuhai batal terbang sejak tadi malam. "Ini adalah badai terkuat yang pernah melanda kawasan ini. Kami menduga beberapa wilayah akan mengalami kebanjiran," kata pejabat Guangzhou, He Guoqing. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,