Umbar Senyum Ojang Suhandi Tiba di Rutan Kebonwaru

Umbar Senyum Ojang Suhandi Tiba di Rutan Kebonwaru

Tersangka kasus suap dana BPJS Kabupaten Subang dan TPPU, Ojang Suhandi tiba di Rumah Tahanan (Rutan) Kebonwaru Kota Bandung, Jumat (5/8/2016) malam. (foto - ist)

Bandung - Tersangka kasus suap penanganan perkara korupsi dana kapitalisasi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kabupaten Subang tahun anggaran 2014 dan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU), Ojang Suhandi dipindahkan dari tahanan Polres Jakarta Timur ke Rumah Tahanan (Rutan) Kebonwaru Kota Bandung.

Ojang yang dikawal petugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan pengacara, turun dari mobil tahanan pada pukul 19.15 WIB. Mengenakan batik warna cokelat, Bupati Subang itu tampak tersenyum saat berhadapan dengan wartawan.

Ia pun hanya membawa tas jinjing yang dibalut dengan rompi tahanan KPK berwarna oranye. Untuk menjalani penahanan, Ojang berbekal sejumlah buku. "Lengkap semuanya saya bawa (buku-buku)," kata Ojang sambil tersenyum dan menepuk tas kecilnya di Rutan Kebonwaru Jalan Jakarta Kota Bandung, Jumat (5/8/2016) malam. Ojang masuk ke pintu masuk rutan tanpa menyebutkan jenis buku apa  yang dibawa.

Penasihat hukum Ojang Suhandi, Rohman Hidayat menjelaskan, untuk pelimpahan penuntutan dua saat ini, Ojang memang tidak membawa banyak perlengkapan baju. "Ada sama kakaknya, masih dalam perjalanan menuju ke sini, nanti sama ajudannya juga," katanya.

Menurut Rohman, perpindahan kali ini akan menjalani dua agenda. Yakni akan menjadi saksi dalam kasus Jajang Abdul Kholik. "Proses penyidikan KPK sudah berakhir, karena masa tahanannya habis pada 19 Agustus, kami tunggu waktu jadwal persidangan pak Ojang," ungkapnya.

Ojang Suhandi dijerat Pasal 3 atau 4 UU Nomor 8 Tahun 2010, tentang Pencegahan dan Pemberantasan TPPU jo Pasal 55 ayat 1 ke 1 Kitab Undang Undang Hukum Pidana (KUHP).

Kasus itu diduga melibatkan dua jaksa Kejaksaan Tinggi Jawa Barat Devi Rochaeni dan Fahri Nurmalo, yang saat ini sudah dilimpahkan ke Lapas Sukamiskin. Kasus itu juga diduga melibatkan pasangan suami istri Jajang Abdul Khalik dan Lenih Marliani. (Jr.)**

 

.

Categories:Bandung,
Tags:,