Pelaksanaan Olimpiade Rio 2016 Telan Dana Rp 151,3 Triliun

Pelaksanaan Olimpiade Rio 2016 Telan Dana Rp 151,3 Triliun

Persiapan dilakukan di Stadion Maracana tempat upacara pembukaan dan penutupan Olimpiade 2016 Rio de Janeiro Brasil. (foto - google.com)

Rio de Janeiro - Berdasarkan laporan yang dikeluarkan oleh WalletHub menyebutkan, total biaya yang dikeluarkan untuk penyelenggaraan olimpiade musim panas yang digelar di Rio de Janeiro Brasil nilainya cukup fantastis. Ajang empat tahunan itu menghabiskan anggaran yang mencapai 11,5 miliar dolar AS, atau setara dengan Rp 151,3 triliun.

Seperti dilansir laman Business Insider, Sabtu (6/8/2016) uang itu antar lain dipergunakan untuk membangun fasilitas olahraga, termasuk di antaranya beberapa gelanggang olahraga baru untuk mendukung kesuksesan Olimpiade Rio 2016.

Olimpiade Rio 2016 juga dijaga ketat oleh banyak personel keamanan. Diperkirakan, jumlah personel keamanan yang bertugas selama acara itu berlangsung mencapai 85 ribu orang. Dua kali lebih banyak dari jumlah personel keamanan dalam Olimpiade London tahun 2012.

Persiapan penyelenggaraan olimpiade dari segi fasilitas juga tidak kalah dilakukan. Tahun 2013, pemerintah Brasil merenovasi kembali Stadion Mane Garrincha Stadium, yang sebelumnya pernah di bangun pada 1974. Pembangunan stadion itu menghabiskan dana 900 juta dolar AS. Dengan biaya sangat besar, Mane Garrincha Stadium berhasil menjadi stadion termahal kedua di dunia.

Meski menelan dana yang sangat besar, dikabarkan biaya penyelenggaraan Olimpiade Rio telah melampaui dana yang dianggarkan. Laporan yang dilakukan Saïd Business School dari Oxford University mengungkap, dana itu telah melampaui anggaran sebesar 51 persen. Angka tersebut merupakan jumlah terbesar sejak olimpiade di Montreal tahun 1976.

Olimpiade musim panas di Rio de Janeiro akan berlangsung mulai 5 hingga 21 Agustus 2016. Mempertandingkan sebanyak dua puluh delapan cabang olahraga. Diperkirakan, 10.500 atlet akan datang untuk bertanding dalam acara olahraga empat tahunan itu. (Jr.)**

.

Categories:Olahraga,
Tags:,