Semarak Kembang Api & Penari Pembukaan Olimpiade 2016

Semarak Kembang Api & Penari Pembukaan Olimpiade 2016

Semarak pacara pembukaan Olimpiade 2016 digelar di Stadion Maracana Rio de Janeiro Brasil. (foto - ist)

Rio de Janeiro - Para penari dan musisi Brasil mengawali upacara pembukaan Olimpiade Rio de Janerio 2016, dengan mengisahkan kehidupan rakyat Brasil di hutan-hutan pada masa lampau dihadapan sekitar 50 ribu penonton, Jumat malam waktu setempat.
 
Pembukaan Olimpiade 2016 di Stadion Maracana Kota Rio de Janeiro Brasil diwarnai pesta kembang api yang spektakuler, yang mengandung pesan agar masyarakat dunia melestarikan lingkungan. Upacara pembukaan itu pun berlangsung meriah dengan lampu, kembang api, pertunjukan akrobat seperti sirkus dan samba, yang identik dengan gaya pesta Brasil.
 
Ya, negeri Samba adalah negara Amerika Selatan pertama yang menjadi tuan rumah ajang olahraga bergengsi tersebut. Upacara pembukaan seakan mengisahkan sejarah Brasil pada dunia mulai dari zaman perbudakan hingga era metropolitan juga resesi ekonomi yang terjadi belakangan, yang menguji gaya hidup rakyat yang ceria dan tahu bagaimana caranya bersenang-senang.
 
Dikutip dari Washington Post, Sabtu (6/8/2016) upacara pembukaan menampilkan tarian tradisional, sorot lampu warna-warni dan rapper berusia 12 tahun. Pertunjukan musik samba yang menjadi acara puncak pembukaan  diarahkan oleh sutradara City of God, Fernando Ferreira Meirelles.
 
Tampil juga supermodel Gisele Bundchen yang tampil seksi dan memukau para penonton dengan gaun panjang berwarna emas karya perancang Brasil, Alexandre Herchcovitch. "Ini adalah catwalk terpanjang, dengan penonton terbanyak dalam hidupku," kata Bundchen kepada People. Ia pun mengaku sedikit gugup.
 
Perempuan berusia 36 tahun itu sebetulnya sudah pensiun dari dunia model yang membesarkan namanya tahun lalu. Namun, ia rela kembali melenggang di atas catwalk demi negerinya. Ia ingin ambil bagian dalam acara maha penting yang digelar di Brasil. Kemeriahan pesta pembukaan Olimpiade 2016 itu juga dilakukan di tengah kemelut yang melanda Brasil. Presiden Dilma Rousseff diberhentikan sementara untuk menanti sidang pemakzulan atas dirinya, yang bisa digelar di tengah Olimpiade 2016.
 
Sementara Presiden sementara Michel Temer pun didaulat untuk meresmikan pembukaan Olimpiade 2016, setelah upacara yang berlangsung selama 3 jam. "Saya menyatakan, Games of Rio merayakan Olimpiade XXXI pada era modern resmi dibuka," kata Temer.
 
Brasil memang tengah mengalami resesi terparah dalam beberapa dekade terakhir ini. Gaji para pegawai negeri belum dibayar selama beberapa bulan, dan meski tak ada sejarah ekstremisme di negara itu, sebanyak 88 ribu tentara dan polisi dikerahkan untuk berpatroli di Rio de Janeiro.
 
Jutaan orang di seluruh Bumi akan menyaksikan ajang olahraga yang digelar di Brasil, namun sepertinya tak semua orang senang. Sekitar 3.000 orang ambil bagian dalam aksi demonstrasi, yang memprotes besarnya ongkos penyelenggaraan Olimpiade 2016 di luar stadion yang dipakai dalam acara pembukaan. 
 
Dalam pidatonya, Presiden Komite Olimpiade Rio 2016 Carlos Nuzman mengucapkan selamat datang. "Saya menyampaikan pada seluruh (penghuni) planet! Kami menyambut Anda di Rio, di kota olimpiade. Kami sedang mengukir sejarah baru. Mimpi olimpiade kami kini menjadi kenyataan," katanya. (Jr.)**
.

Categories:Olahraga,
Tags:,