Nikmati Sabtu Malam Ini Planet-planet Tampak dari Bumi

Nikmati Sabtu Malam Ini Planet-planet Tampak dari Bumi

Nikmati penampakan planet-planet dari muka Bumi Sabtu malam ini dengan mematikan lampu rumah. (foto - ist)

Bandung - Sabtu (6/8/2016) malam ini, sebuah fenomena astronomi langka akan terjadi. Yakni penampakan sejumlah planet yang jaraknya berbeda, namun akan muncul dan menampakkan diri di saat hampir bersamaan. Planet tersebut akan tampak dari bumi.
 
Apabila langit cerah dan tidak terganggu oleh polusi cahaya, planet-planet tersebut akan tampak sebagai bintang terang. Antara lain Merkurius, Venus, Mars, Jupiter dan Saturnus. Diperkirakan, planet tersebut akan mulai menampakkan diri pada pukul 20.00 WIB. 
 
Namun demikian, untuk bisa melihat lima planet tersebut, masyarakat Kota Bandung khususnya diimbau untuk mematikan lampu yang bisa menimbulkan polusi cahaya. Sebab semakin gelap kondisi di Bumi akan semakin jelas benda langit terlihat.
 
"Planet-planet terang seperti Mars, Jupiter dan Saturnus adalah benda langit yang terang dan mudah untuk diamati. Apalagi saat ini, planet-planet tersebut muncul di waktu berdekatan di langit, sehingga menjadi begitu semarak," kata salah seorang Staf Observatorium Bosscha, Yatni Yulianti di Bandung.
 
Sebelumnya, Peneliti Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Abdurahman menjelaskan, planet Merkurius, Venus, Mars, Jupiter dan Saturnus dapat terlihat di langit setelah matahari terbenam.
 
Masyarakat Indonesia dapat melihat keindahan tata surya itu dengan syarat mematikan lampu rumah dari pukul 20.00 sampai dengan 21.00 WIB. Kalau langitnya cerah, kita bisa melihat planet secara kasat mata. Ciri-cirinya, yang terlihat warna merah itu Mars, sedangkan yang lainnya berwarna putih. Namun Saturnus dan Jupiter lebih terang dari yang lainnya.
 
Abdul menilai, planet-planet itu diprediksi muncul dalam waktu lebih lama dibandingkan fase gerhana. Oleh karena itu, dipastikan para pengamat terpuaskan dengan warna-warna yang muncul di langit. "Namun, untuk Venus dan Merkurius tidak akan terlalu lama, dia akan cepat terbenam. Kalau tiga planet lainnya, durasinya memang akan cukup lama. Jadi, kalau mau lihat lima planet sekaligus, bisa keluar rumah dari pukul 18:30 WIB," katanya.
 
Kemunculan sejumlah planet itu, lanjutnya merupakan fenomena langit yang istimewa. Sehingga untuk memperingati hari keantariksaan yang jatuh pada Sabtu 6 Agustus 2016, Lapan mengajak masyarakat untuk menikmati fenomena jarang itu. "Ini peristiwa umum. Hanya saja, ada ajakan untuk memperingati hari keantariksaan. Bersama-sama menikmati langit di malam hari," tegasnya. (Jr.)**
.

Categories:Infotech,
Tags:,