Kerusuhan Sempat Warnai Pembukaan Olimpiade Rio 2016

Kerusuhan Sempat Warnai Pembukaan Olimpiade Rio 2016

Bentrokan terjadi pada aat Pawai Obor yang melintas di Angra dos Reis menjelang upara pembukaan Olimpiade Rio 2016. (foto - AP)

Rio de Janeiro - Pasukan anti huru-hara kepolisian Brasil berhasil menghalau massa pengunjuk rasa yang berada di Stadion Maracana, pada saat berlangsungnya upacara pembukaan Olimpiade Rio 2016. Polisi melemparkan gas air mata dan granat kejut untuk membubarkan masa, Sabtu (6/8/2016).

Massa pengunjuk rasa yang berjumlah ratusan orang itu menyatakan kekesalan mereka terhadap korupsi dan biaya besar, yang dikeluarkan negaranya sebagai tuan rumah Olimpiade. Selama 10 tahun terakhir ini Brasil memang mengalami krisis ekonomi. Meski demikian, mereka bersikeras menjadi penyelenggara Olimpiade Rio 2016.

Masyarakat yang geram dengan keputusan tersebut melakukan demonstrasi, yang mewarnai serangkaian kegiatan dalam pembukaan Olimpiade Rio 2016. Mereka juga mengikuti pawai obor Olimpiade Rio 2016 yang melewati sejumlah ruas jalan di Rio de Janeiro.

Pihak keolisian setempat yang berjaga kemudian menggunakan gas air mata dan senjata api dengan peluru karet, untuk menghentikan kerusuhan dan membubarkan massa.

Sementara itu, sehari menjelang upacara pembukaan bentrokan pun pecah antara polisi dan demonstran. Bentrokan terjadi saat pawai obor Olimpiade yang memperkeruh suasana, menjelang bergulirnya upacara pembukaan Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brasil.
 
Warga yang marah menghalangi pawai obor Olimpiade yang melintas di Angra dos Reis, lokasi peristirahatan tepi pantai di selatan Rio de Janeiro. Mereka memprotes minimnya angkutan umum dan keterlambatan pemerintah Rio de Janeiro, dalam membayarkan gaji kepada para pegawai.
 
Massa demonstran dibubarkan setelah polisi menembakkan gas air mata dan peluru karet. Selain itu, para pekerja kereta api mengancam melakukan pemogokan, jika mereka tidak mendapat kenaikan gaji sebesar 9,83 persen. (Jr.)**

 

 

.

Categories:Internasional,
Tags:,