Sebagian Besar Warga Thailand Dukung Konstitusi Baru

Sebagian Besar Warga Thailand Dukung Konstitusi Baru

Proses pemungutan suara di Thailand, Minggu (7/8/2016). (foto - ist)

Bangkok - Hasil pemungutan suara di Thailand menunjukkan, sebagian besar masyarakat Thailand menerima konstitusi baru yang disusun oleh junta militer. Hasil tersebut berdasarkan pada 80 persen surat suara yang telah dihitung.

Berdasarkan perhitungan tersebut, Komisi Pemilihan Umum menyatakan, 62 persen warga setuju dengan draf referendum tersebut. Sedangkan 37,9 persen lainnya, menolak diberlakukannya konstitusi. 

Seperti dilaporkan Reuters, Minggu (7/8/2016), pemungutan suara tersebut membuka jalan bagi pemilihan umum yang akan digelar pada tahun 2017. Namun demikian, pemimpin yang akan datang harus memerintah, sesuai dengan UU yang telah disusun oleh junta militer.

Meski demikian, kritik muncul dari sejumlah pihak. Referendum tersebut dianggap sebagai cara pemerintah junta militer, untuk melanggengkan kekuasaan. Bahkan, proses referendum dianggap oleh sebagian pihak dilakukan secara tidak demokratis.

Deiketahui, dalam referendum tersebut sebanyak 40 juta warga Thailand dilaporkan memberikan hak mereka, untuk menerima atau menolak konstitusi yang yang diajukan. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,