Longsor di Puebla & Veracruz Meksiko Tewaskan 38 Orang

Longsor di Puebla & Veracruz Meksiko Tewaskan 38 Orang

Longsor melanda negara bagian Puebla dan Veracruz Meksiko. (foto - Reuters)

Mexico City - Sedikitnya 38 orang tewas akibat hujan deras selama akhir pekan yang menyebabkan longsor di beberapa wilayah di Meksiko. Longsor terjadi di lereng bukit menimpa sejumlah rumah semi permanen, sejak terjadinya badai tropis Earl.
 
Kepala Unit Layanan Darurat Nasional Meksiko Luis Felipe Puenta mengatakan, 28 orang dilaporkan tewas di negara Bagian Puebla, sedangkan 10 orang lainnya tewas di negara bagian Veracruz pada hari Minggu lalu. Ia mengatakan, jumlah korban akan terus bertambah.
 
Gambar akibat kerusakan badai Earl yang disiarkan di televisi lokal menunjukkan, tanah longsor mengubur hampir seluruh lereng bukit, pohon-pohon runtuh serta sejumlah bangunan roboh. Hanya menyisakan bongkahan dinding dan atap di permukaan tanah. 
 
Lokasi ini berada di dekat kota Huauchinango, terletak di permukaan miring pegunungan Sierra Norte de Puebla, yang mengalami kerusakan terburuk. Tiga korban lainnya dilaporkan tewas di kota terdekat dari kejadian, Tlaola. 
 
Dilaporkan Reuters, Senin (8/8/2016) ke-10 orang yang tewas di negara bagian Veracruz dimakamkan dekat lokasi tanah longsor. Sebelumnya, badai Earl juga melanda wilayah ituhingga menyebabkan banjir. Badai Earl juga melanda wilayah semenanjung Yucatan.
 
Sementara itu, Gubernur negara bagian Veracruz, Javier Duarte mengatakan di akun twitternya, "Pemantuan terus dilakukan di sejumlah sungai yang dianggap kritis". Sebelum menghantam wilayah Mexico, badai Earl memporakporandakan wilayah Belize. Menghancurkan jendela mobil dan melubangi atap rumah kayu di Kota Belize. Akibatnya wilyah pantai terendam banjir akibat naiknya air laut.
 
Di pantai barat Meksiko, warga dan wisatawan di Semenanjung Baja ditimpa Badai Tropis Javier. Bermula dari pelabuhan Manzanillo menghantam pantai dengan angin kencang. Diperkirakan, badai ini akan bergerak ke utara ke Baja California dan resor pantai di Los Cabos. 
 
Pusat Topan Nasional yang berbasis di Miami menyatakan, Badai Javier sedikit menguat pada Minggu malam, dalam keterangaanya ia mengatakan badai Javier diperkirakan mendekati bagian selatan Baja California pada Senin ini. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,