Taman Nasional Tesso Nillo Riau Dibakar Setelah Dirambah?

Taman Nasional Tesso Nillo Riau Dibakar Setelah Dirambah?

Kebakaran Hutan Merambah Taman Nasional Tesso Nilo Provinsi Riau (foto - ist)

Riau - Kembali Taman Nasional Tesso Nillo (TNTN) Riau jadi sasaran perambahan. Hal itu diketahui saat Satgas Udara menemukan titik api di area kawasan yang diperuntukkan bagi gajah dan harimau Sumatera.

Pantauan dari udara lokasi TNTN yang terbakar, berada di area Kusuma Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan. "Ini TNTN terlihat ada satu titik api," kata Staf Satgas Udara Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan Riau, Letnan Satu Sheriff Yanuardi, Senin (8/8/2016).

Tim Satgas juga menemukan hamparan lahan yang bekas terbakar yang arealnya cukup luas. Lahan yang terbakar itu terlihat sudah bersih dan siap ditanami. Pada bagian lain yang terbakar juga terlihat sebuah pondok yang diduga milik perambah. "Berdasarkan data dari lapangan, pelaku pembakarnya adalah masyakarat yang belum diketahui identitasnya," katanya.

Sejauh ini, tim darat masih berupaya menuju lokasi yang medannya cukup sulit dan jauh. "Saat ini sedang diupayakan koordinasi dengan BPBD Pelalawan, untuk menangani kebakaran di Taman Nasional Tesso Nillo. Upaya water bombing (bom air) juga secepatnya dilakukan," tegasnya.

Taman Nasional Tesso Nilo memiliki luas 83.000 ribu hektar. Namun, dalam 10 tahun terakhir kawasan yang dilindungi negara untuk habitat gajah dan harimau sudah porak-poranda, akibat aksi perambahan besar-besaran. Hampir separuh luas areal TNTN kini mwnjadi perkebunan sawit dan permukiman penduduk.

Pihak Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sendiri sudah mengatahui, kalau TNTN sudah porak-poranda akibat perambahan. Ini bisa dilihat beberapa kali Menteri Kehutanan dari beberapa era presiden meninjau lokasi, namun tidak ada jalan keluarnya.

Pembabatan selama ini berdampak langsung terhadap kelangsungan satwa langka gajah dan harimau Sumatera. Sudah banyak gajah dan harimau yang mati akibat diburu para perambah. Sebenarnya kawasan TNTN dikelola dan dijaga oleh Balai Taman Nasional. Namun, Balai TNTN yang merupakan perpanjangan tangan pemerintah pusat terkesan tutup mata atas kehancuran TNTN. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,