Menag Lepas Pemberangkatan Kloter I Calon Jemaah Haji

Menag Lepas Pemberangkatan Kloter I Calon Jemaah Haji

Menag Lukman H?akim Saifuddin melepas pemberangkatan kloter pertama calon jemaah haji di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta Timur, Selasa (9/8/2016). (foto - ist)

Jakarta - Menteri Agama (Menag) Lukman H‎akim Saifuddin, melepas pemberangkatan kloter pertama calon jemaah haji di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta Timur, Selasa (9/8/2016).

"Bersyukur pada pagi ini kita bisa ikut melepas keberangkatan jamaah haji dari tanah air," kata Lukman di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta Timur. R rasa syukur karena pada hari ini secara serentak calon jamaah haji diberangkatkan sebanyak sebelas kloter asal Jakarta, Medan hingga Makassar.

"Sebanyak 4.459 jamaah Indonesia bertolak ke Tanah Suci dalam," katanya. Ia mengimbau, para jemaah ‎agar dapat menjaga kesehatannya, karena saat ini kondisi di Arab Saudi dalam kondisi cuaca yang lebih panas.

"Berusaha membawa diri senantiasa dalam pola hidup sehat dan konsumsi makanan yang baik. Perbanyak konsumsi air dan lakukan aktivitas seperlunya. Kita tidak perlu terlalu melakukan aktivitas di luar ruangan," tegasnya.

Sebelumnya, Lukman Hakim Saefudin meminta agar para jemaah senantiasa menjaga kesehatan di Tanah Suci Makkah. "Jadi cermatlah kita semua yang akan menunaikan ibadah haji untuk menjaga kesehatan. Tanpa modal sehat kita tidak bisa ibadah. Cuaca akan sangat panas di tanah suci. Pinter bawa diri, konsumsi yang baik," katanya.

Menurutnya, dalam menjalani ibadah haji para jemaah harus betul-betul memperhatikan rukun-rukun ibadah haji. "Haji harus fokus betul pada rukun dan kewajiban haji. Jangan terlalu fokus pada amaliah sunnah. Bukan melarang, jangan tiap hari umroh. Itu menyita stamina dan pada kloter pertama baru satu bulan lagi akan wukuf. Puncak haji adalah wukuf, kita harus jaga kesehatan," katanya.

Selain itu, para jemaah juga diminta untuk mematuhi para petugas dan ketua kloter. Hal itu dimaksudkan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan dalam beribadah. "Mohon dengan segala hormat untuk patuhi peraturan yang dibuat patuhi petugas dan ketua kloter," tambahnya.  (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,