115 Judul Film Diseleksi Ketat untuk Masuk Ajang FFB 2016

115 Judul Film Diseleksi Ketat untuk Masuk Ajang FFB 2016

Dewan Pembina FFB Chand Parwez Servia di acara pembacaan nominasi FFB 2016 di Museum Sribaduga Bandung, Rabu (10/8/2016). (foto - ist)

Bandung - Sedikitnya 115 judul film nasional tahun 2016 ini diseleksi secara ketat oleh pihak panitera. Nantinya film-film ini akan bersaing dalam hajatan bergengsi bertajuk Festival Film Bandung (FFB) 2016, yang rencananya akan diselenggarakan pada akhir tahun. 

FFB yang merupakan ajang penghargaan bagi sineas film Indonesia diselenggarakan oleh Forum Film Bandung. Sejak Agustus 2015 lalu, selama tiga bulan sekali pihak Forum Film Bandung mengadakan diskusi baik langsung ataupun dalam grup BBM ataupun Whatsapp. Hal itu untuk mengusulkan film-film yang akan diamati lebih lanjut. 

Menurut Ketua umum FFB Eddy D. Iskandar, dalam tahun pengamatan 2015 hingga tahun 2016 pihaknya sudah mengamati 115 judul film nasional, 36 judul serial televisi, 384 judul FTV dan 167 judul film impor. "Kini film Indonesia lengkap. Berbagai genre ada mulai dari percintaan, action hingga komedi. Hal tersebut menggembirakan karena saat lebaran lalu filmnya bagus-bagus," kata Eddy dalam acara pembacaan nominasi FFB 2016 di Museum Sribaduga, Rabu (10/8/2016). 

Disebutkan, ada yang menarik dari periode pengamatan tahun ini, yakni munculnya tema politik yang terbilang cukup berani di kancah perfilman nasional. Serta tema film silat yang juga mewarnai jagad perfilman. "Selain dua tema itu, rasanya tema yang paling menonjol adalah jalan-jalan keluar negeri. Masih meneruskan tren tahun lalu di mana syuting film di luar negeri menjadi magnet baru dalam perfilman nasional," tegasnya. 

Dewan Pembina FFB, Chand Parwez Servia menyatakan, film-film yang ada di tahun 2015 hingga 2016 ini begitu berkualitas. Bisa dirasakan betul peningkatan kinerja industri film yang semakin patut diacungi jempol.  "Bisa dirasakan film sekarang kualitasnya semakin bagus. Itulah yang membuat persaingan ketat semakin terasa saat gelaran FFB 2016 nanti," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Film,
Tags:,