4 Orang Tewas Kebakaran Hutan Landa Perancis & Portugal

4 Orang Tewas Kebakaran Hutan Landa Perancis & Portugal

Selain Perancis kebakaran hutan juga melanda ribuan hektar di Portugal. (foto - ist)

Marseille - Hutan di Perancis Selatan dilanda kebakaran. Api pun mulai bergerak menuju kota pelabuhan Marseille, uang membakar rumah penduduk dan memaksa ratusan warga dievakuasi. Lebih 1.500 petugas pemadam kebakaran dikerahkan untuk menangani kobaran api, yang muncul di semak belukar di utara Kota Marseille.
 
Dilansir BBC, Kamis (11/8/2016) Wakil Walikota Julien Ruas mengatakan, sekat bakar yang bisa menghambat penyebaran api telah dibuat, untuk melindungi kawasan utara kota itu. Sementara kebakaran hutan juga terjadi di Portuga dan Kepulauan Portugal, Madeira. 
 
Sedikitnya empat orang dilaporkan tewas di daratan Portugis dan lebih dari 1.000 orang terpaksa dievakuasi dari rumah-rumah mereka. Para pejabat Perancis menyatakan, kebakaran telah menghancurkan sejumlah rumah di Kota Vitrolles, yang berjarak sekitar 25 km di utara Marseille juga di dekat Pennes-Mirabeau. Ratusan warga pun telah  dievakuasi dari kawasan itu.
 
Akibat kebakaran tersebut Bandara Marseille pun dibuat sibuk di mana penerbangan difokuskan bagi pesawat pemadam kebakaran. "Situasi di luar kendali. Api sangat kuat, cepat dan terus membakar apa saja," sebut sebuah pernyataan dari pihak berwenang di Marseille.
 
Sementara itu, kebakaran di Perancis ini dilaporkan melukai dua orang. Satu di antaranya menderita luka serius. "Semuanya terbakar, rumah, mobil tak ada yang bersisa," kata salah seorang warga Vitrolles kepada BFM-TV. Kepulan asap hitam dari Vitrolles dan Pennes-Mirabeau dilaporkan membumbung di langit Marseille.
 
Menurut Ruas, jika api lolos dari sekat bakar yang telah dibangun maka itu akan mengancam kawasan utara Marseille. "Api terus bergerak maju yang begitu cepat," kata Ruas kepada BFM-TV.
 
Dilaporkan, empat petugas pemadam kebakaran di Herault terluka ketika kendaraan yang mereka tumpangi dikepung api. Di Madeira kebakaran mencapai Ibukota Funchal, sehingga menyebabkan tiga lansia tewas di dalam rumah yang terkepung api. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,