Hukuman Tambah Jadi 10 Tahun, Kaligis Segera Ajukan PK

Hukuman Tambah Jadi 10 Tahun, Kaligis Segera Ajukan PK

Velove Vexia, anak OC Kaligis di Gedung KPK Jakarta. (foto - ist)

Jakarta - Terpidana kasus dugaan suap Ketua PTUN Medan Sumatera Utara, OC Kaligis akan mengajukan peninjauan kembali (PK), setelah Mahkamah Agung (MA) menolak kasasi. "Papa akan mengupayakan PK (peninjauan kembali)," kata anak OC Kaligis, Velove Vexia di Gedung KPK Jakarta, Kamis (11/8/2016).

Mengenai apakah sudah ada persiapan untuk mengajukan PK, aktris itu mengaku belum tahu. Yang jelas, Kaligis akan terus berjuang agar mendapat hukuman yang ringan. "Itu aku kurang paham (bukti baru untuk PK). Yang pasti kita akan PK. Papa akan berjuang," katanya.

Seperti diketahui tingkat pertama Pengadilan Tipikor, Kaligis divonis 5,5 tahun penjara. Lalu di tingkat banding Pengadilan Tinggi DKI Jakarta memperberat hukuman Kaligis menjadi 7 tahun penjara. Tak terima putusan itu, Kaligis mengajukan kasasi ke MA. Namun‎, MA malah kembali memperberat hukuman kakek kelahiran 19 Juni 1942 itu menjadi 10 tahun.

Kaligis divonis bersalah karena dinilai terbukti memberikan uang SGD 5.000 dan 15 ribu dolar AS kepada Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara Medan Tripeni Irianto. Ia juga memberikan uang USD 5.000 kepada hakim anggota PTUN, Dermawan Ginting dan Amir Fauzi. Selain itu, Kaligis terbukti menyuap panitera PTUN, Syamsir Yusfan 2.000 dolar AS.

Uang itu diberikan untuk mempengaruhi putusan perkara pengujian kewenangan Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara, atas penyelidikan terhadap dugaan tindak pidana korupsi dana bantuan sosial, bantuan daerah bawahan, bantuan operasional sekolah, tunggakan dana bagi hasil, dan penyertaan modal kepada sejumlah badan usaha milik daerah Pemprov Sumatera Utara. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,