Tim Pengacara Jessica Laporkan Hakim Binsar Gultom ke KY

Tim Pengacara Jessica Laporkan Hakim Binsar Gultom ke KY

Salah seorang kuasa hukum Jessica, Hidayat Boestam di Gedung KY Jakarta Pusat. (foto - ist)

Jakarta - Tim kuasa hukum Jessica Kumala Wongso melaporkan Hakim Binsar Gultom ke Komisi Yudisial, karena dinilai tidak objektif dan terkesan berat sebelah dalam memimpin jalannya sidang dengan terdakwa Jessica Kumala Wongso, Kamis (11/8/2016).

"Hakim Binsar Gultom telah bertindak tidak adil, memihak dan melanggar asas praduga tak bersalah dan diduga melanggar kode etik hakim," kata salah seorang kuasa hukum Jessica, Hidayat Boestam di Gedung KY, Jakarta Pusat.

Menurut Hidayat, Hakim Binsar juga sering mengeluarkan pendapatnya sendiri saat menyidang kasus Kopi Sianida. Padahal, hakim baru bisa melakukan pertimbangan setelah pihak terdakwa membacakan surat pembelaan atau pledoi di persidangan.

"Jangan mengarahkan saksi, jangan berpendapat kan. Pendapat kan nanti setelah kita lakukan tuntutan dengan pledoi kita. Ada pertimbangan hakim di situ, akan disampaikan betul. Itulah maksud saya," katanya.

Atas laporan itu, kuasa hukum Jessica meminta KY untuk memantau jalannya sidang kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin. "Permohonan ke KY untuk pengawasan dalam persidangam kalaupun tidak diganti, kami mohon kepada KY mengawasi persidangan Jessica. Itu wajar. Tidak lain dan macam-macamlah," tambahnya.

Sementara itu, Juru Bicara KY, Farid Wajdi mengaku akan memproses terkait laporan yang disampaikan tim kuasa hukum Jessica, sesuai prosedur yang ada. Terkait pemantauan sidang, Farid menegaskan KY sejak awal telah melakukan pemantauan persidangan Jessica atas inisiatif sendiri.

Sebelumnya diberitakan, kuasa hukum Jessica meminta agar salah satu hakim anggota dalam sidang kasus 'kopi sianida', yakni Hakim Binsar Gultom untuk diganti. Usulan itu muncul karena Hakim Binsar dianggap telah mengintervensi persidangan. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,