Thailand Segera Ubah Pattaya Jadi Destinasi Wisata Halal

Thailand Segera Ubah Pattaya Jadi Destinasi Wisata Halal

Ramainya wisatawan di kawasan Pattaya Thailand. (foto - ist)

Bangkok - Dalam rangka menjaring wisatawan mancanegara, Lembaga Designated Areas for Suistainable Tourisem Thailand (Dasta), menetapkan Pattaya sebagai destinasi halal tourism.  Penetapan tersebut terutama bertujuan untuk menarik lebih banyak lagi wisatawan muslim, khususnya dari negara-negaradi kawasan ASEAN maupun Timur Tengah.
 
Menurut Direktur Dasta, Thiti Chantaengpol pihaknya akan bekerja sama dengan komunitas Nern plub Wan di Kota Nong Prue, untuk mengembangkan masyarakat setempat agar dapat menjadi pemasok makanan halal di wilayah Pattaya. "Kami bertujuan untuk mendatangkan lebih banyak lagi wisatawan dari kawasan ASEAN dan Timur Tengah, terutama dari Indonesia," kata Chantaengpol.
 
Dilansir TTRweekly, baru-baru ini berdasarkan data Kementerian Pariwisata dan Olahraga Thailand menyebutkan, sebanyak 658.129 wisatawan asal Timur Tengah kerap mengunjungi Pattaya setiap tahunnya. Angka tersebut mencakup 2,20 persen dari pangsa pasar pariwisata Thailand.
 
Sementara itu, wisatawan asal Indonesia yang melakukan kunjungan ke Pattaya setiap tahunnya bisa mencapai 469.226 wisatawan. Atau sebesar 1,57 persen dari jumlah total kunjungan wisatawan dunia ke Thailand.
 
"Pattaya adalah tujuan wisata populer di kalangan wisatawan Muslim. Kami akan fokus untuk mengembangkan komunitas Nong Prue, dalam penyediaan bahan dan pelatihan dalam metode memasak yang sesuai dengan ajaran Islam. Termasuk transportasi dan juga kemasan makanan," ungkap salah seorang eksekutif Dasta.
 
Dasta bekerja sama dengan Komite Islam Chonburi untuk sertifikasi makanan halal. Selain itu, Dasta juga akan menjalin hubungan dengan Asosiasi Perhotelan Thailand, Eastern Chaptern untuk mendorong 40 hotel di Pattaya, agar mau mempelajari pengolahan dan metode memasak yang benar untuk makanan halal.
 
Pada 2015, jumlah wisatawan muslim yang melakukan perjalanan mencapai 117 juta wisatawan, hampir 10 persen dari jumlah perjalanan wisata dunia.
 
Diperkirakan, akan terus tumbuh menjadi 168 juta pengunjung pada tahun 2020, atau sama dengan 11 persen nilai pasar pariwisata yang diproyeksikan melebihi  200 miliar dolar AS, atau setara dengan Rp 263 triliun. (Jr.)**
.

Categories:Wisata,
Tags:,