Kota Bandung Masih Kekurangan Mobil Damkar

Kota Bandung Masih Kekurangan Mobil Damkar

Mobil Pemadam Kebakaran

Bandung – Kurangnya armada mobil pemadam kebakaran harus membuat Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bandung meminta bantuan kepada Dinas Pemadam Kebakaran kota tetanga seperti ; Cimahi, Kab. Bandung, dan Kab. Bandung Barat saat terjadi kebakaran hebat.

Hal ini terbukti saat Kings Shooping Center terbakar beberapa bulan lalu, terlihat puluhan mobil pemadam kebakaran kota tetangga ikut membantu memadamkan api karena Kota Bandung terkendala armada dan personil.

Berdasarkan pengakuan Sekretaris Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bandung, Rohmat Hidayat, idelnya Kota Bandung dengan luas 167,67 kilometer persegi di back up mobil damkar sebanyak 87 unit dengan 500 personil pemadam kebakaran, tetapi kita nyatanya masih kurang.

“Kita hanya punya mobil damkar sebanyak 30 unit, sudah begitu personilnya pun masih 182 orang,”aku Rohmat Hidayat, Rabu (27/08/2014).

Rohmat Hidayat menambahkan, untuk mengatasi masalah kekurangan armada dan personil, pihak damkar menerapkan dengan sistem UPT (Unit Pelayanan Teknis).

“Ke depan UPT di Kota Bandung di bagi 4 wilayah, jadi setiap ada kebakaran tidak harus mengontak ke kantor pusat, bisa ke UPT terdekat untuk menyingkat waktu. Setiap UPT akan memback up beberapa daerah rawan kebakaran,” tambahnya.

Saat ini baru ada 2 UPT yaitu di Bandung Timur, dan Caringan, kedepannya akan di bangun 2 UPT lagi ditempat yang strategis agas bisa menjangkau daerah padat dan rawan kebakaran. (HT)

.

Categories:Bandung,
Tags:,