Quess, Satelit Komunikasi Kuantum Cina Meluncur Mulus

Quess, Satelit Komunikasi Kuantum Cina Meluncur Mulus

Cina berhasil meluncurkan satelit kuantum pertama di dunia di Gurun Gobi. (foto - Shanghaiist)

Gurun Gobi - Pembangunan besar-besaran yang dilakukan Cina sejakan dengan kemajuan teknologi yang dicapai, bisa dikatakan lebih inovatif dibandingkan dengan negara-negara maju lainnya di dunia, seperti Amerika Serikat ataupun Eropa.

Sebelumnya Cina merilis bus raksasa futuristik yang bisa meloloskan mobil di bawahnya, kali ini negara yang terkenal suka meniru produk telepon genggam negara lain itu, meluncurkan satelit komunikasi kuantum pertama di dunia.

Seperti dikutip dari Shanghaiist, Selasa (16/8/2016) satelit dengan nama Quantum Experiments at Space Scale (Quess) itu, dalam bahasa mandarin diberi julukan Mozi atau Micius, seorang filusuf legendaris Cina pada abad ke-5 SM. Satelit Quess diluncurkan dari Gurun Gobi, dengan  memiliki bobot seberat 600 kilogram.

Mozi diterbangkan ke luar orbit Bumi dengan kekuatan roket Long March 2D. Setelah menembus lapisan atmosfer Bumi, Quess selanjutnya akan memasuki orbit heliosynchronous. Diharapkan, ke depannya satelit komunikasi tersebut akan mampu membuka akses komunikasi global antara Eropa dan Cina.

"Apabila Cina akan mengirimkan lebih banyak satelit komunikasi quantum ke orbit, kami memprediksi jaringan komunikasi global yang diidam-idamkan akan terwujud sekitar tahun 2030,” kata ilmuwan fisika kuantum asal Cina, Pan Jian Wei.

Salah satu keunggulan dari satelit komunikasi kuantum tersebut, yakni partikelnya tidak dapat diduplikasi maupun dipisahkan. Sehingga memungkinkan setiap informasi yang disalurkan bebas dari peretasan.

Tentunya, teknologi komunikasi ini sangat berperan penting dalam dunia kemiliteran. Meski begitu, belum ditentukan mengenai penggunaannya, akan dikhususkan untuk kepentingan militer atau umum. (Jr.)**

.

Categories:Infotech,
Tags:,