Kembali Wapres JK Tidak Hormat Saat Pengibaran Bendera

Kembali Wapres JK Tidak Hormat Saat Pengibaran Bendera

Kembali Wapres JK Tidak Hormat Saat Pengibaran Bendera. (foto - ist)

Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla kembali berada pada posisi tidak hormat, ketika bendera pusaka merah putih dikibarkan pada Upacara Bendera HUT ke-71 RI di halaman Istana Mereka Jakarta Pusat. Hal yang sama juga dilakukan JK, saat memperingati HUT RI ke-70 tahun lalu.
 
Kendati Wapres berdiri dengan tegap, pemandangan berbeda dilakukan oleh Presiden Jokowi, yang hormat ketika pasukan pengibar bendera pusaka mengibarkan bendera merah putih. Posisi tegap JK dilakukan hingga lagu Indonesia Raya selesai dinyanyikan.
 
Seperti diketahui, saat upacara di Istana tahun lalu, JK juga melakukan sikap serupa dan ramai diperbincangkan publik. Pada saat itu, JK memaparkan alasan tidak hormat lantaran sesuai dengan Undang-Undang (UU) Nomor 24 Tahun 2009, Pasal 15 Ayat 1 tentang Bahasa dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan, yang isinya adalah, pada waktu penaikan atau penurunan Bendera Negara.
 
Sementara itu, semua orang yang hadir memberi hormat dengan berdiri tegak dan khidmat, sambil menghadapkan muka pada bendera negara sampai penaikan atau penurunan bendera negara selesai.
 
"Saya hormat berdasarkan Undang-Undang (UU) tahun 2009 yang mengatakan, apabila kenaikan bendera harus siap tegak (sikap sempurna) menghadap ke depan. Itu UU pasal 15," kata JK. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:,