Akhirnya Lagu Indonesia Raya Menggema di Olimpiade Rio 2016

Akhirnya Lagu Indonesia Raya Menggema di Olimpiade Rio 2016

Ganda campuran Indonesia Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir merebut medali emas Olimpiade Rio de Janeiro 2016, setelah menundukkan pasangan Malaysia Chan Peng Soon/Goh Liu Ying, pada partai final di Riocentrio, Rabu (17/8/2016) WIB. (foto - AFP)

Rio de Janeiro - Pasangan Tontowi/Liliyana berhasil menggemakan lagu Indonesia Raya di Olimpiade Rio 2016. Pasangan tersebut berhasil meraih medali emas bulutangkis di nomor ganda campuran, setelah menumbangkan pasangan Malaysia di partai final.

Sebagai unggulan ketiga asal Indonesia tersebut berhasil menundukkan Chan Peng Soon/Goh Liu Ying dari Malaysia, Rabu (17/8/2016) WIB. Dalam pertandingan yang berlangsung di Riocentro-Pavilion 4, Tontowi/Liliyana menang dengan skor 21-14 dan 21-12.

Dengan kemenangan tersebut membuat Tontowi/Liliyana berhasil meraih medali emas bagi Indonesia di Olimpiade Rio. Lagu Indonesia Raya pun menggema di Brasil, sebuah kado istimewa di Hari Ulang Tahun Indonesia ke-71.

Pasangan ganda campuran yang akrab disapa Owi/Butet itu juga membuat catatan pertemuan dengan Chan/Goh semakin cemerlang. Tontowi/Liliyana menorehkan 9 kali kemenangan dari 10 kali pertemuan.

Satu kekalahan yang diderita Tontowi/Lilyanan dari Chan/Goh, yakni ketika mereka berduel di ajang Cina Terbuka 2012. Ketika itu, mereka kalah dengan skor 19-21 dan 14-21.

Sementara itu, medali emas dari Tontowi/Liliyana membuat perolehan medali Indonesia menjadi tiga. Sebelumnya, Indonesia meraih dua medali perak dari cabang olahraga angkat besi, lewat fifter Sri Wahyuni Agustiani dan Eko Yuli Irawan. (Jr.)**

.

Categories:Olahraga,
Tags:,