Semarak Upacara Penutupan Olimpiade Rio de Janeiro 2016

Semarak Upacara Penutupan Olimpiade Rio de Janeiro 2016

Kemeriahan Upacara Penutupan Olimpiade Rio de Janeiro 2016. (foto - ist)

Rio de Janeiro - Berakhir sudah pesta Olimpiade Rio de Janeiro Brasil 2016. Kendati berlangsung di bawah guyuran hujan dan angin kencang, upacara penutupan berlangsung meriah yang digelar Stadion Maracana Brasil, Minggu malam waktu setempat, atau Senin (22/8/2016) WIB pagi. 

Upacara penutupan kejuaraan olahraga mutlicabang yang berlangsung sejak 5 Agustus 2016 itu, diawali denan pesta kembang api. Dilanjutkan dengan penampilan 27 anak kecil berpakaian serba putih di atas panggung. Mereka menyanyikan lagu kebangsaaan Brasil, meski angin kencang menyapu topi yang mereka kenakan.

Usai menyajikan berbagai hiburan menarik dan koreografi memukau,  satu per satu kontingen memasuki panggung. Tidak seperti acara pembukaan, atlet-atlet yang hadir di acara penutupan tidak mengenakan kostum spesial, tetapi mereka tampil lebih santai.

Para atlet pun hanyut ikut menari mengikuti iringan musik. Namun demikian, hujan yang turun di Maracana dan sekitarnya memaksa mereka menggunakan mantel hujan dan payung, meski tidak sampai mengurangi kemeriahan pesta penutupan tersebut.

Setelah berlangsung selama dua pekan, Amerika Serikat akhirnya keluar sebagai juara umum dengan raihan 46 emas, 37 perak, dan 38 perunggu. Inggris Raya menyusul di tempat kedua dengan 27 emas, 23 perak, dan 17 perunggu. Sedangkan posisi ketiga ditempati Cina dengan 26 emas, 18 perak, dan 26 perunggu. Indonesia sendiri harus puas berada di posisi 46 dengan koleksi 1 emas dan dua perak. 

Dalam pesta penutupan itu tak hanya kembang api menghiasi langit Rio, yang menjadi highlight Cosmo adalah parade karnaval yang ditampilkan oleh Jepang, misalnya. Memang sudah menjadi tradisi dalam gelaran penutupan olimpiade tuan rumah berikutnya diberikan waktu singkat untuk menampilkan negara mereka, dan memberikan teaser tentang kemeriahaan  yang akan berlangsung di negara mereka nanti. 

Sejumlah karakter animasi muncul dalam penanyangan trailer Olimpiade Tokyo 2020, mulai dari Kapten Tsubasa, Doraemon, Pokemon, dan tak ketinggalan pula sosok Mario Bros ,yang didaulat sebagai salah satu maskot Olimpiade 2020. Penampilan menatik ketika Perdana Menteri Jepang muncul dari pipa hijau di tengah stadion dan berpakaian seperti Super Mario.

Secara simbolis, Walikota Rio de Janeiro menyerahkan bendera Olimpiade kepada Gubernur Tokyo Yuriko Koike, sebagai penyelenggara Olimpiade Tokyo 2020, yang dilanjutkan dengan pemadaman api olimpiade. Sebagai penutup, lagu kebangsaan  Yunani sebagai tempat lahirnya Olimpade, dikumandangkan Well girls. Sampai jumpa di Olimpiade 2020. (Jr.)**

.

Categories:Olahraga,
Tags:,