Ratusan Penerbangan Ditunda Topan Mindulle Landa Tokyo

Ratusan Penerbangan Ditunda Topan Mindulle Landa Tokyo

Penumpang telantar di Bandara Haneda Tokyo Jepang. (foto - AFP)

Tokyo - Topan kuat yang membawa hujan lebat dan angin kencang melanda Tokyo Jepang, yang membuat ratusan penerbangan domestik terpaksa ditunda untuk sementara waktu. Para pejabat juga memperingatkan kemungkinan musibah tanah longsor dan banji,r akibat Topan Mindulle.
 
"Topan Mindulle mendarat sekitar pukul 12.30 waktu setempat di Kota Tateyama, 80 km (50 mil) tenggara dari ibukota. Hembusan angin yang dibawa badai berkekuatan 180 km/jam atau 112 mph menuju utara dengan kecepatan 20 km/jam," kata Badan Meteorologi Jepang.
 
Para pejabat juga memperingatkan akan musibah tanah longsor dan banjir akibat Topan Mindulle. "Di Tokyo, warga pun diimbau untuk berhati-hati terhadap bahaya tanah longsor, banjir di daerah dataran rendah, sungai meluap, angin kencang dan gelombang tinggi," sebut badan cuaca itu.
 
Dikutip dari BBC, Senin (22/8/2016) sejauh ini belum ada laporan resmi yang menyebutkan jumlah korban jiwa. Namun laporan media setempat mengatakan, sedikitnya dua orang dikhawatirkan tewas.
 
Media lokal memberitakan, badai menyebabkan pembatalan penerbangan domestik di seluruh negeri. Mencapai sekitar 400 rute domestik. Mayoritas yang akan menuju dan berangkat dari bandara Haneda Tokyo. Pada Senin sore waktu setempat, Bandara Internasional Narita juga melaporkan akan menutup landasan pacunya.
 
Menurut kantor berita Nikkei, Japan Airlines mengatakan telah membatalkan 185 penerbangan domestik. Kiga demikian dengan All Nippon Airways yang menangguhkan 112 penerbangan domestik. Namun, akses transportasi darat massal di Tokyo berjalan normal ketika topan melanda. "Sebagian besar layanan kereta api komuter di wilayah Tokyo beroperasi normal," demikian laporan East Japan Railway. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,