Film "Senyap" Ungkap Pelanggaran HAM

Film

Film "Senyap" Ungkap Pelanggaran HAM

Jakarta (ANTARA News) - Film "Senyap" atau "The Look of Silence" karya Joshua Oppenheimer tayang perdana di Indonesia pada 10 November 2014 di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki.
 
Film dokumenter kedua karya Joshua tentang Pelanggaran HAM di Indonesia setelah film "The Act of Killing" atau "Jagal" yang mengambil dari perspektif pelaku.
 
Melalui "Senyap", Joshua mengambil perspektif dari para korban pelanggaran HAM berat di masa lalu. Kegiatan yang bekerja sama dengan Dewan Kesenian Jakarta ini sekaligus merupakan bagian dari rangkaian satu bulan menyambut hari HAM.
 
 
Film "Senyap" adalah film dokumenter mengenai pembantaian massal 1965 di Sumatera Utara.
 
Film tersebut mengisahkan keluarga Adi Rukun yang mendapatkan pengetahuan mengenai bagaimana kakaknya dibunuh dan siapa yang membunuhnya.
 
Sebagai adik bungsu, Adi bertekad untuk memecah belenggu kesenyapan dan ketakutan yang menyelimuti kehidupan para korban, dan kemudian mendatangi mereka yang bertanggung jawab atas pembunuhan kakaknya.
 
Lebih lanjut Oppenheimer berharap dengan diputarnya film ini maka mampu memberi dukungan bagi upaya-upaya penyelesaian kasus pelanggaran HAM di masa lalu termasuk Tragedi 1965 dan komitmen untuk menghapus semua bentuk impunitas.(Ode)**
 
film adegan "Senyap"
.

Categories:Film,
Tags:film,