Para Penumpang Telantar Gerbong KA Kertajaya Terbakar

Para Penumpang Telantar Gerbong KA Kertajaya Terbakar

Gerbong KA Kertajaya jurusan Stasiun Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi yang terbakar di Stasiun Tanjung Priok Jakarta Utara. (foto - ist)

Jakarta - Sejumlah gerbong dalam rangkaian salah satu kereta jarak jauh terbakar keltika melakukan lansiran. KA Kertajaya jurusan Stasiun Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi terbakar di Stasiun Tanjung Priok Jakarta Utara, saat dipersiapkan untuk ditarik ke Stasiun Pasar Senen, Kamis siang sekitar pukul 13.00 WIB.
 
Akibatnya, para penumpang kereta Kertajaya di Stasiun Pasar Senen telantar, dan terpaksa harus bersabar menunggu. "Para penumpang belum diberangkatkan, gerbong pengganti sedang kita siapkan," kata Senior Menejer Humas PT KAI DAOP 1 Jakarta Bambang S Prayitno, Kamis (25/8/2016).
 
Seperti diketatahui, KA Kertajaya merupakan kereta jarak jauh kelas ekonomi yang memiliki rangkaian panjang, mencapai 16 gerbong. Dalam satu rangkaian kereta, paling belakang ditempati gerbong restorasi yang di dalamnya juga terdapat generator setsebagai pembangkit.
 
Kebakaran sendiri terjadi akibat percikan api yang berasal dari generator set tersebut. Percikan api langsung membakar gerbong dan merembet ke gerbong penumpang yang ada di depannya. ‎"Jadi penumpang nunggu kereta yang terbakar dipisahkan dan ditarik dulu, seharusnya kereta berangkat pada pukul 14.00 WIB," tegas Bambang.
 
Pada setiap gerbong dalam KA Kerjaya memiliki kapasitas penumpang masing-masing 105 tempat duduk. Ini menjadi kereta rangkaian terpanjang pertama yang dioperasikan PT KAI beberapa bulan lalu. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,