Emil Akui Pemkot Bandung Lemah dalam Pelihara Aset

Emil Akui Pemkot Bandung Lemah dalam Pelihara Aset

Walikota Bandung Ridwan Kamil. (foto - ist)

Bandung - Sejumlah aset pemerintah kota yang ada di Bandung yang terbengkalai, segera diinventarisir pada tahun ini. Hal itu menjadi tindak lanjut audit pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Pemerintah Kota Bandung lemah dalam mengelola aset.

"Kesimpulan BPK itu, Kota Bandung lemah soal manajemen aset. Makanya tahun ini saya mau marathon ngurusin aset agar bisa dapat predikat WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) tahun depan," kata Walikota Bandung Ridwan Kamil, Kamis (25/8/2016).

Menurut Emil, Pemerintah Kota Bandung memiliki enam ribu aset yang diprediksi tidak produktif dari kategori tanpa izin atau tidak terdata. Ia mencontohkan, salah satu aset yang menjadi perhatian, yakni lahan di Kecamatan Cicendo Kota Bandung. 

"Nah ini contohnya (Cicendo) kita punya tujuh hektar yang tersebar di mana-mana. Namun saya lihat ada yang tutup pabriknya, ada yang kosong lahannya, macam-macam," katanya.

Ia mengatakan, langkah inventerisasi kembali aset harus benar benar transparan dan bisa dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat dengan efektif. "Nanti kita pilah mana yang segera disewakan agar produktif, mana yang akan diperbaiki administrasinya, mana yang tidak bayar dan yang ditertibkan karena diserobot," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:,