Belajar Kekompakan dari Angklung

Belajar Kekompakan dari Angklung

Angklung ajarkan kekompakan

 

Bandung, cikalnews.com – Ratusan pelajar dari luar Bandung memadati panggung kesenian Saung Angklung Udjo, di Jl. Padasuka No. 118 Kota Bandung untuk menyaksikan pertunjukan dan pengenalan alat musik tradisional angklung ke para pelajar.

 

Auditorium atau ruang kesenian yang penuh oleh para siswa itu kebanyakan dari tingkat SD, dan SMP. Mereka jauh-jauh datang dari Bogor, Sukabumi, Jakarta, dan Banten hanya untuk melihat dan mempelajari bagaimana cara bermain alat musik dari bambu khas asli Jawa Barat.

 

Dengan dimeriahkan oleh pertunjukan para seniman bambu asuhan Sanggar Udjo Ngalegna, para siswa bisa melihat langsung bagaimana asyiknya bermain angklung. Di tempat ini selain ajang pertunjukan, para siswa juga bisa belajar cara memainkan angklung dengan baik agar tercipta nada yang harmonis membentuk sebuah lagu.

 

Namun hal tersebut tanpa pembelajaran dan praktek langsung dirasa tidak akan mudah, di sanggar ini para siswa secara langsung dan bersamaan di ajar bagaimana cara memainkan alat musik angklung.

 

Menurut Instruktur Angklung Udjo, Renitasari, pengenalan alat musik angklung kepada para siswa harus di kemas secara modern dan menyenangkan.

 

“Saat pengenalan kita berikan dari awal apa itu angklung dan apa saja alatnya, dari sana kita langsung coba dengan alat. Ada yang pegang angklung nada 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7 atau do, re, mi, fa, so, la, si, do,” terang Renitasari saat ditemui di sanggar seni Angklung Udjo.

 

Karena masing-masing alat punya nada tersendiri, maka untuk memainkan sebuah lagu agar keluar nada yang harmonis dan enak di dengar, pemain angklung di tuntut menekankan kebersamaan, kekompakan dan gotong royong.

 

“Berbagai lagu daerah, lagu Pop Indonesia, bahkan musik barat pun jika dimainkan dengan angklung bisa saja. Intinya pemain harus kompak dan gotong royong agar menciptakan nada yang harmonis,” cetusnya.

 

Sering digelarnya acara pengenalan angklung ke para generasi muda adalah bentuk memperkenalkan dan melestarikan seni budaya asli Indonesia, apalagi angklung sudah diakui internasional sebagai alat musik asli khas Jawa Barat, Indonesia. (Ade Indra)

 

.

Categories:Hiburan,
Tags:,