Senat Lengserkan Dilma Rousseff dari Jabatan Presiden

Senat Lengserkan Dilma Rousseff dari Jabatan Presiden

Senat Brazil akhirnya mengambil keputusan untuk melengserkan Dilma Rousseff dari jabatannya sebagai presiden. (foto - ist)

Rio de Janeiro - Setelah melalui serangkaian proses pengambilan suara, Senat Brazil akhirnya mengambil keputusan untuk melengserkan Dilma Rousseff dari jabatannyasebagai presiden.

Seperti dilaporkan BBC, Kamis (1/9/2016) Rousseff dilengserkan dengan dugaan memanipulasi anggaran. Penurunan jabatan tersebut mengakhiri kekuasaan Partai Pekerja sayap kirin Rousseff, yang telah berlangsung selama 13 tahun.

Rousseff sendiri membantah telah melakukan manipulasi anggaran. Namun demikian, keputusan 61 senator berkata lain. Dengan 41 orang mendukung penurunan sang presiden, dan hanya 20 orang menolaknya, Roussef akhirnya resmi diturunkan pada Rabu waktu setempat.

Sementara pelantikan Michel Temer sebagai presiden pengganti langsung dilaksanakan pada hari yang sama. Michel Temer akan mengisi kekosongan pemerintahan Rousseff hingga 1 Januari 2019.

Meski kalah dalam pertarungan mempertahankan jabatan, Rousseff memenangkan suara Senat untuk tidak melarangnya menjabat di pemerintahan selama 8 tahun.

Berjanji untuk mengajukan banding terhadap pemecatan dirinya, Rousseff mengatakan kepada pendukungnya, "Saya tidak akan mengucapkan selamat tinggal. Saya yakin bisa mengatakan: Sampai jumpa". Menurutnya, mereka telah menghukum orang yang tidak bersalah dan melakukan kudeta parlemen. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,