Cegah Virus Zika Bandara Husein Dipasangi Pemindai Suhu

 Cegah Virus Zika Bandara Husein Dipasangi Pemindai Suhu

Bandara Husein Pasang Pemindai Suhu di kedatangan internasional. (foto - ist)

Bandung - Meluasnya potensi penyebaran virus Zika turut diwaspadai oleh PT Angkasa Pura II. Seperti yang dilakukan di Bandara Internasional Husein Sastranegara Kota Bandung, dari para penumpang pesawat yang tiba dari luar negeri, termasuk Singapura dan Malaysia.

Untuk meminimalisir setiap celah, pihaknya bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kota Bandung memasang alat pemindai suhu (Thermo Scan).

Menurut General Manager PT Angkasa Pura II, Dorma Manalu antisipasi penyebaran virus masuk melalui Bandara Husein Sastranegara sudah lama dilakukan. Namun kali ini pihaknya lebih mengintensifkan pasca kewaspadaan virus tersebut.

"Pemasangan alat juga sudah lama dilakukan. Namun sekarang lebih diintensifkan," kata Dorma di Terminal Bandara Husein Sastranegara Kota Bandung, Kamis (1/9/2016).

Dorma menyatakan, alat pemindai suhu itu diyakini akan mengetahui suhu badan setiap penumpang yang masuk bandara, dan dikhususkan bagi penumpang yang datang dari luar negeri. "Alat ini dipasang di kedatangan internasional. Khusus mengecek suhu tubuh penumpang dari luar negeri, khususnya Singapura dan Malaysia," katanya.

Seperti diketahui, Bandara Internasional Husein Sastranegara setiap hari menerima enam kedatangan pesawat dari luar negeri, dua dari Singapura dan empat dari Malaysia. Virus Zika belakangan ini diketahui tengah menyebar di Singapura.

Virus Zika sendiri merupakan jenis penyakit yang dibawa oleh nyamuk, yang disinyalir menyebabkan microcephaly. Nyamuk yang membawa virus itu sama dengan jenis nyamuk, yang membawa virus demam berdarah. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:,