7 Negara Bagian di AS Serempak Digoyang Gempa 5,6 SR

7 Negara Bagian di AS Serempak Digoyang Gempa 5,6 SR

Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) tengah menganalisis data gempa. (foto - AFP)

Pawnee - Wilayah Pawnee, Oklahoma Amerika Serikat diguncang gempa berkekuatan 5,6 pada skala Richter, Sabtu (3/9/2016) pagi. Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) melaporkan, guncangan akibat lindu dirasakan di tujuh negara bagian di jantung Amerika Serikat.

Salah seorang ahli geofisika USGS Randy Baldwin menyatakan, goyangan gempa dirasakan Oklahoma, Kansas, Arkansas, Missouri, Texas, Nebraska dan Lowa. "Gempa dengan kekuatan itu mengguncang sekitar 15 menit dan cukup dangkal, di kedalaman sekitar 7 kilometer," katanya.

Pertanyaannya, mengapa area terdampak gempa sedemikian luas? "Tanah di wilayah tengah dan timur AS lebih lembut, sehingga gelombang seismik berpeluang merambat jauh, dibandingkan gempa di California dan Nevada," kata Robert Sanders, ahli geofisika USGS.

Meski kerusakan yang ditimbulkan oleh gempa sebesar itu tak luar biasa, guncangan yang meluas memicu kekhawatiran dan spekulasi di sosial media.  Apalagi, sebuah laporan terbaru yang dirilis USGS menyatakan, orang-orang di sejumlah bagian Texas dan Oklahoma menghadapi risiko guncangan serupa akibat aktivitas manusia. Misalnya, injeksi fluida (fluid injection) atau ekstraksi bahan tambang yang menciptakan risiko  serupa dengan gempa alami yang terjadi di California.

USGS menjelaskan tentang risiko yang disebut gempa 'induksi' yang menekankan, Oklahoma City dan wilayah sekitarnya memiliki peluang 5 sampai 12 persen mengalami kerusakan akibat gempa pada 2016. "Oklahoma Corporation Commission, badan pengawas yang meneliti bahan bakar, minyak, gas, fasilitas publik, dan industri transportasi saat ini sedang meninjau sumur disposal di sekitar pusat gempa di Pawnee," kata Gubernur Oklahoma Mary Fallin dalam Twitternya, seperti dikutip dari CNN.

Selain itu, Departemen Transportasi Oklahoma juga sedang meneliti, apakah ada kerusakan yang dialami sejumlah jembatan di sekitar area terdampak gempa. Para insinyur juga sedang meneliti kelayakan dan keselamatan bangunan pascalindu.

Sejauh ini, gempa dipastikan merusak setidaknya satu bangunan bersejarah di Pawnee, Oklahoma. "Itu adalah sebuah bangunan tua bersejarah berusia sekitar 100 tahun. Strukturnya masih berdiri, namun lapisan terluarnya pecah. Mungkin hanya kerusakan kosmetik, namun kami belum mengetahuinya pasti," kata  Walikota Pawnee, Brad Sewell. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,