Bandung 'Kojo'-nya Jawa Barat Jadi Destinasi Wisata Dunia

Bandung 'Kojo'-nya Jawa Barat Jadi Destinasi Wisata Dunia

Menikmati pemadangan kota dari kawasan Punclut Bandung Utara. (foto - ist)

Bandung - Bandung ditetapkan sebagai salah satu kota dari sepuluh wilayah di Indonesia, yang akan dikembangkan menjadi destinasi pariwisata dunia oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Sembilan desJaditinasi lainnya yakni Bali, Lombok, Jakarta, Medan, Kepulauan Riau, Joglosemar (Yogyakarta, Solo, Semarang), Coral Pearl (Wakatobi, Bunaken, Raja Ampat), Makassar dan Banyuwangi.

Menurut Walikota Bandung Ridwan Kamil, dengan ditetapkannya menjadi 10 destinasi pengembangan pariwisata di dunia, Kota Bandung kini memiliki city branding pariwisata. "Kalau Indonesia, Wonderfull Indonesia, nah Bandung dinamakan Stunning Bandung," kata Emil, Rabu (7/9/2016).

Ia mengatakan, dengan adanya city branding tersebut, maka destinasi pariwisata Bandung akan dibawa oleh Kementerian Pariwisata untuk dipromosikan ke seluruh dunia. Sehingga pariwisata Bandung akan lebih dikenal di luar negeri.

"Kementerian Pariwisata menitipkan agar promosi Bandung ini juga mempromosikan Jawa Barat, sehingga judulnya Ware the Wonders of West Java Begin, artinya gerbang keindahan pariwisata di Jawa Barat dimulai," ungkapnya.

Apalagi  promosi yang dilakukan oleh Kemenpar saat ini telah dilakukan di luar negeri. Untuk mengejar target 20 juta wisatawan asing pada 2019 mendatang memang perlu sosialisasi. "Untuk Indonesia, Kementerian Pariwisata mensosialisasikan ke seluruh Kabupaten Jawa Barat, agar menitipkan promosinya melalui Stunning Bandung. Meski namanya Bandung tapi pembuka untuk seluruh Jawa Barat,” tegas Emil.

Sementara mengungkap kesiapan Bandung sendiri menjadi destinasi andalan, Emil menjelaskan, Bandung telah siap. Ia menyebut sejumlah wisata andalan Bandung seperti fashion, makanan atau kuliner dan wisata jalan kaki telah siap.

"Bandung kalau bahasa sundanya kojo, sudah siap dengan sejumlah andalan yang dimiliki. Mudah-mudahan Jawa Barat umumnya bisa terkenal di kancah dunia," tambahnya. (Jr.)**

.

Categories:Wisata,
Tags:,