Yesmil Anwar Luncurkan Buku Puisi "Dari Sebuah Pengabdian"

Yesmil Anwar Luncurkan Buku Puisi

Deddy Mizwar, Miranda Risang Ayu, Dan Ganjar Kurnia, saat tampil diacara pembacaan puisi pada Peluncuran Buku Puisi "Dari Sebuah Pengabdian Yesmil Anwar. Foto Tedi (Dokumentasi Unpad)

Bandung- Mendadak aroma puisi berhamburan dipentas Balai Rumawat Unpad Jl Dipatiukur 35 Bandung, Senin (10/11/2014) malam.

Malam itu, adalah Peluncuran Buku Puisi milik Yesmil Anwar yang dikenal sebagai dosen Fak Hukum Unpad dan juga seniman bertajuk "Dari Sebuah Pengabdian".

Acara ini seakan ajang reuni, satu-satu bergilir naik membaca puisi Dari Sebuah Pengabdian. Ada Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar, Rektor Unpad Ganjar Kurnia, Iman Soleh, Miranda Risang Ayu, Agus Safari,  Sonny Farid Maulana dan Eddy D Iskandar, Herry Dim, Yayat Hendayana, Rosyid E Abby  dan sejumlah budayawan lainnya.

Dibagi lima plot, puisi dan musikalisasi, talkshow  serta penampilan teatrikal dari Teater Bel dan aksi  ferry Curtis yang bikin semangat. Semua diambil dari puisi Yesmil.

Menurut budayawan Herry Dim, membaca karya Yesmil kita tidak diajak kemana-mana tapi langsung pada persoalan, "Bisa dinikmati sambil tiduran,
Sebagai teaterawan, peran dalam main-main dengan peran serta memainkan peran, itulah Yesmil," ujar Herry Dim pada CikalNews.com malam itu.

Sedangkan Miranda Risang Ayu, mengatakan buku ini menarik. Karya itu adalah alter ego, terdapat sesuatu dalam diri kita yg lain. "Saya pilih puisi 'Cemburuku' karena begitula,h saya seakan terwakili, setiap orang punya sisi lain, yang bisa dinikmati orang lain, lewat puisi kadang bisa terwakili dari sebuah cerminan pribadi," ujar Miranda yang juga rekan sejawat Yesmil di Unpad ini.

Semalam, istri Gubernur Jabar Netty Heryawan batal naik panggung karena ada tugas mendadak yang tidak bisa ditinggal.

Buku puisi setebal 165 halaman ini memuat 106 puisi Yesmil dalam kurun 1975-2014. Sebuah perjalanan yang mengasyikan. "Saya hanya ingin mempersilahkan untuk mengalami suatu encounter dengan sepilihan puisi yang saya tulis selama 39 tahun,semoga bisa dinikmati dengan intim dan personal," tulis Yesmil dalam bukunya. (Ode)**

.

Categories:Hiburan,
Tags:hiburan,