Terjebak di Kereta Gantung, 110 Penumpang Diselamatkan

Terjebak di Kereta Gantung, 110 Penumpang Diselamatkan

110 penumpang yang terjebak dalam kereta gantung di Gunung Mont Blanc Pegunungan Alpen di Chamonix Perancis berhasil diselamatkan. (foto - bbc)

Chamonix - Bocah berusia 10 tahun itu telah diselamatkan setelah terjebak semalaman di atas kereta gantung di Gunung Mont Blanc, Puncak Tertinggi Pegunungan Alpen di Chamonix Perancis. Anak itu berhasil diturunkan bersama 44 penumpang lainnya, yang dipaksa menginap dalam kondisi menggigil akibat gangguan pada tali wahana yang terbentang setinggi 3.600 meter pada Kamis lalu.

Seperti dilaporkan Time, Jumat (9/9/2016) para penumpang kereta gantung itu segera dilarikan ke Charmonix, dan sebuah kota di Italia bernama Courmayeur untuk diperiksa. Puluhan wisatawan yang diselamatkan lebih dulu menceritakan, betapa mencekam pengalaman mereka di atas sana. Mereka juga melihat  evakuasi berbahaya diperjuangkan sedemikian rupa oleh regu penyelamat.

"Kami terjebak di atas hampir 10 jam, kereta gantung itu bergerak kemarin siang pukul 14.30. Baru setelah tengah malam, regu penyelamat berhasil menurunkan kami dari gondola. Benar-benar suatu pengalaman yang berkesan," kata Kathy Cook, salah seorang penumpang asal Michigan.

Sedikitnya lima petugas pemadam kebakaran yang menetap di wahana itu, bersama para penumpang yang terjebak. Mereka pun ikut bermalam, sambil membawakan selimut, menyediakan makanan dan minuman agar para korban bertahan menghadapi cuaca dingin di puncak gunung bersalju itu.

Sementara helikopter sempat dikerahkan untuk membantu proses evakuasi korban, tetapi cucaca buruk yang diiringi angin kencang dan kabut tebal menghalangi kinerja petugas helikopter. Petugas selanjutnya berfokus pada penumpang yang terjebak di kereta gantung, yang paling dekat dengan tanah.  

Menurut keterangan regu penyelamat, semua penumpang berhasil diturunkan setelah kabel kereta gantung yang terlilit akibat angin kencang diperbaiki. Pascainsiden, kereta gantung tersebut sudah kembali dioperasikan seperti biasa pada Jumat pagi.

"Lamanya proses penyelamatan benar-benar tidak bisa dipercaya. Sangat jarang kami harus menyelamatkan 110 orang dalam waktu bersamaan di puncak gunung. Ditambah kondisi lingkungannya yang ekstrem di jantung salah satu gletser terbesar di Eropa. Kabel kereta gantung ini berjarak lima kilometer dengan 36 kereta gantung," kata gendarmari (polisi perdesaan) setempat, Kolonel Frederic Labrunye. (Jr.)**

 

.

Categories:Internasional,
Tags:,