18 Buruh Tewas, Ledakan dan Kebakaran di Pabrik Pakaian

 18 Buruh Tewas, Ledakan dan Kebakaran di Pabrik Pakaian

Ini musibah kebakaran di pabrik garmen terburuk di Dhaka Bangladesh yang terjadi pada 2012 lalu. (foto - AP/ilustrasi)

Dhaka - Sebuah ledakan terjadi di sebuah pabrik pakaian jadi (garmen) di Dhaka Bangladesh, hingga menyebabkan pabrik tersebut terbakar. Sedikitnya 18 karyawan pabrik tersebut tewas, akibat peristiwa tersebut.

Kebakaran yang terjadi,pada Sabtu (10/9/2016) itu juga menyebabkan puluhan karyaanlainnya mengalami luka-luka. Sejumlah petugas terus berusaha melakukan pemadaman pada gedung berlantai empat.  "Api muncul pada pagi hari, setelah jam kerja mulai berjalan," kata Mohammad Akhtaruzzaman, salah seorang karyawan pabik.

Dikutip dari Reuters, saat kejadian diperkirakan terdapat lebih dari 100 karyawan yang berada di dalam gedung tersebut. Sejauh ini belum diketahui apa penyebab kebakaran pada pabrik yang berlokasi di Tongi, sekitar 20 kilometer dari Dhaka.

Industri pakaian jadi saat ini menjadi salah satu penopang ekonomi di Bangladesh. Industri ini menyumbang lebih dari 28 miliar dolar AS, untuk produk ekspor sepanjang tahun fiskal lalu.

Sistem perlindungan dari kebakaran yang lemah banyak terjadi di pabrik garmen di Bangladesh. Tahun 2013, sebuah gedung runtuh dan menewaskan lebih dari 1.100 pekerja. Peristiwa itu disebut sebagai bencana terburuk dalam dunia kerja di Bangladesh.

Sementara itu,  BBC Breaking News melaporkan, kebakaran tersbut terjadi akibat sebuah boiler atau tangki pemanas di pabrik tersebut meledak. "Setidaknya 18 orang tewas ketika boiler meledak di pabrik empat lantai Bangladesh dekat Dhaka, itu," kata seorang pejabat rumah sakit.

"Kebakaran terjadi setelah ledakan. Saat itu karyawan pabrik masih berada di dalam fasilitas yang berada di Distrik Gazipur," kata kepala polisi setempat, Harunur Rashid.

Menurut Rashid, lima puluh orang dirawat di rumah sakit akibat mengalami luka-luka. Sementara jumlah korban tewas diperkirakan akan bertambah, seiring upaya penyelamatan yang terus dilakukan. Ratusan petugas pemadam kebakaran terus berusaha untuk memadamkan api. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,