Stok Terbatas, Prangko PON XIX Jawa Barat Diburu Para Kolektor

Stok Terbatas, Prangko PON XIX Jawa Barat Diburu Para Kolektor

Stok Terbatas, Prangko PON XIX Jawa Barat Diburu Para Kolektor. (foto - ist)

Bandung - Sebanyak 10 ribu benda pos seri Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX Jawa Barat, diluncurkan Unit Filateli Kantor Pos Besar Bandung. Meliputi paket suvenir sebanyak 3.000 lembar yang terdiri atas prangko, kartu pos dan amplop berdesain medali.
 
Selain itu, 5.000 paket mini prangko dengan desain lambang PON XIX, dan Surili dari berbagai macam cabang olahraga. Termasuk 600 sampul hari pertama yang mencantumkan tanggal perdana dicetaknya benda pos tersebut.

Menurut Manajer Unit Filateli Kantor Pos Besar Bandung Rian Syahariani, selain benda pos masyarakat juga dapat memesan prangko prisma edisi PON XIX. "Mungkin kita harus stok dulu minimalnya 20 pemesan lalu kita buat. Jadi 20 itu istilahnya kalau ada pembeli lima, berarti kita harus buat lima lagi. Kalau beli 10, kita buat sepuluh lagi. Jadi tetap harus ada stok 20 dibuatkan kepada teman-teman," kata Rian di Kantor Pos Besar Bandung, Juma (10/9/2016).
 
Rian menyatakan, benda pos seri PON XIX tersebut sebagian telah dipesan oleh kelompok kolektor filateli di luar negeri sebanyak 1.500 lembar paket prangko. Sedangkan untuk kelompok kolektor dari dalam negeri telah memesan 500 lembar paket perangko.

Kepala Pemasaran Unit Filateli PT Pos Pusat Heri Nugrahanto mengatakan, penerbitan prangko edisi PON XIX atas dasar penunjukan dari pemerintah. "Kita ditunjuk pada dua tahun lalu untuk mencetak blangko benda pos seri PON XIX," kata Heri.
Saat ini total produksi benda pos seri PON XIX yaitu 50.000 mini sheet, 120 ribu souvenir sheet, 3.000 sampul hari pertama, dan 300 kartu pos.

Namun, seluruh benda pos seri khusus itu dicetak secara terbatas. "Target penjualannya harus habis dalam dua pekan sebelum acara perhelatan olahraga nasional yang dimulai pada Sabtu, 17 September mendatang.

Agar target penjualan benda pos seri PON XIX 2016 tercapai, otoritas surat-menyurat ini sedang menjajaki kerja sama promosi dengan Menteri Komunikasi dan Informatika, Gubernur Jawa Tengah dan Gubernur Jawa Barat.PT Pos Indonesia juga akan menggencarkan promosi melalui jejaring sosial. (Jr.)**
.

Categories:Bandung,
Tags:,