Pesawat Trigana Air Tergelincir Bandara Wamena Ditutup

Pesawat Trigana Air Tergelincir Bandara Wamena Ditutup

Pesawat Trigana Air tergelincir di Bandara Wamena Jayawijaya. (foto - ist)

Wamena - Pesawat kargo Trigana Air Sevice PK-YSY tergelincir saat mendarat di Bandara Wamena, Selasa (13/9/2016) pagi. Pesawat yang membawa muatan bahan bakar minyak (BBM) dan kebutuhan pokok tersebut, menghantam landasan hingga tergelincir di Runway 33.

Menurut Kapolres Jayawijaya, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Yan Pieter Reba, awalnya diduga penyebab tergelincirnya Trigana Air karena pesawat mengalami pecah ban saat akan mendarat di Bandara Wamena. Namun, setelah diselidiki dan hasil koordinasi dengan pilot diperoleh informasi, penyebab pesawat tersebut tergelincir.

"Ternyata pesawat mengalami cuaca buruk saat mendarat. Jangkauan pandangan pilot tidak maksimal, sehingga turun tidak normal dan terbentur kemudian bannya pecah," kata Yan.

Sejauh ini, pesawat Trigana Air yang mengalami gagal landing itu masih berada di runway, sehingga aktivitas penerbangan dari dan ke Bandara Wamena untuk sementara masih ditutup. Untuk proses evakuasi badan pesawat masih menunggu KNKT dan alat berat.

"Untuk mengevakuasi badan pesawat kita masih menunggu alat berat, terutama untuk menggeser badan pesawat dari landasan. Dengan demikian, pesawat tersebut bisa dipergunakan lagi," ugkapnya.

Dilaporkan, dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa. Begitu juga dengan muatan BBM dan bahan pokok yang dibawa pesawat tidak mengalami kerusakan. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,