David Cameron Ucapkan Salam Perpisahan pada Dunia Politik

David Cameron Ucapkan Salam Perpisahan pada Dunia Politik

David Cameron bersama istri, Samantha Sheffield. (foto - ist)

London - Mantan Perdana Menteri Inggris David Cameron kembali mengundurkan diri. Kali ini ia mundur dari kursi parlemen di Dewan Perwakilan Rakyat (House of Commons) pada Senin 12 September waktu setempat.
 
Dengan demikian, pemimpin Partai Konservatif Britania Raya pada 2005-2016 itu, resmi mengucapkan salam perpisahan kepada dunia politik yang telah membesarkan namanya.
 
Seperti dilaporkan Times, Selasa (13/9/2016) setelah melepas jabatan sebagai kepala pemerintahan, Cameron menjabat sebagai anggota Pantai Konservatif di parlemen mewakili Kota Witney di Oxfordshire. Pria kelahiran 9 Oktober 1966 tersebut, telah berkarier di dunia politik sejak 2001.
 
Keputusannya untuk keluar dari dunia politik disinyalir sejalan dengan pernyataan sebelumnya bahwa dia tidak akan bergabung dengan kabinet baru bentukan PM Theresa May. Ia menyebutkan akan menjadi pembangkang ulung karena perbedaan pandangan, terkait status Inggris di Uni Eropa.
 
Suami Samantha Sheffield itu pun memutuskan angkat kaki dari Downing Street 10 pada 24 Juni pagi waktu London. Keputusan itu diambilnya setelah gagal meyakinkan publik ,untuk tetap memilih berada di bawah naungan Uni Eropa. Namun, referendum demokratis menghasilkan sebaliknya. Kubu Brexit menang dan Theresa May kemudian dipilih jadi suksesornya pada Juli.
 
Sejauh ini belum diketahui apa yang akan ia lakukan setelah ini. Namu demikian, sudah dapat dipastikan kepergiannya akan meninggalkan kekosongan kekuasaan dalam partai, dan menjadi ujian tersendiri bagi pemerintah dan oposisi. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,