Ketua Majelis Syuro DPP PKS Bertausiah mengenai Kurban

Ketua Majelis Syuro DPP PKS Bertausiah mengenai Kurban

Presiden PKS turut menyembelih saat berkurban. (foto - ist)

Jakarta - Ketua Majelis Syuro DPP PKS Habib Salim Assegaf Al Jufri menjelaskan, untuk berkurban yang didahulukan berkurban dengan harta. Bagaimana mungkin berkurban dengan jiwa? Jika berkurban dengan harta saja tidak. Berkurban juga memunculkan rasa kebahagiaan bagi penerima dan bagi yang berkurban.
 
Hal itu disampaikan dalam tausiahnya, saat pelaksanaan hewan kurban dilakukan. Menurutnya, makna kurban di Idul Adha selain berbicara pengorbanan sebagaimana yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim, juga memunculkan rasa kebahagiaan. "Kurban itu biasanya menyakitkan. Namun di Idul Adha, arti kurban itu justru menyenangkan dan membahagiakan. Baik yang berkurban, yang menerima daging kurban, bahkan sapi atau kambing yang dipotong pun ikut bahagia dan tersenyum," katanya di markas Dakwah (MD) Kantor DPP PKS Jalan TB Simatupang Jakarta Selatan, Rabu (14/9/2016).
 
Habib Salim Assegaf Al Jufri mengatakan, kurban dengan ternak, sapi, kambing, kerbau merupakan latihan. Ada 6 ayat di qs At- Taubah yang menegaskan, berkurban dengan harta, jiwa. "Berkurban dengan harta dahulu. Tidak mungkin dengan jiwa dulu. Dan semoga dengan latihan kurban ternak ini, berdampak positif pada berbagai aktivitas dan lingkungan sekitar," ucapnya di tengah pemotongan hewan dilaksanakan.
 
Terkait pemotongan hewan kurban, lanjutnya hewan kurban yang terhimpun di DPP PKS merupakan sumbangan dari anggota FPKS DPR RI dan struktur DPP. Total hewan kurban itu terdiri dari 33 sapi dan 40 kambing. "Yang akan dipotong di DPP hari ini hanya 9 sapi, sisanya sudah didistribusikan ke masyarakat. Sebagian kambing juga sudah didistribusikan ke masyarakat," kata Salim.
 
Sementara itu, Presiden PKS Sohibul Iman dan bakal calon wakil gubernur DKI Jakarta Mardani Ali Sera yang ikut hadir dalam acara itu berkesempatan langsung melakukan melakukan penyembelihan hewan kurban. 
 
Selain di kantor pusat, acara penyembelihan juga serentak dilakukan di seluruh perwakilan PKS di seluruh daerah. Total hewan kurban yang didistribusikan PKS di seluruh Indonesia mencapai 76 600 hewan, terdiri atas 67.025 kambing dan 9.575 sapi. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,