Masuk Badai Kategoti Lima, Topan Meranti Terjang Taiwan

Masuk Badai Kategoti Lima, Topan Meranti Terjang Taiwan

Topan Meranti menerjang Taiwan diyakini yang terkuat di dunia pada 2016. (foto -ist)

Taipei - Aliran listrik ratusan ribu rumah penduduk di Taiwan terputus, menyusul terjangan Topan Meranti yang melanda negara tersebut. Sementara lima orang dilaporkan terluka akibat serangan badai, yang diyakini terkuat di dunia pada 2016 ini.
 
Dilaporkan Telegraph, Rabu (14/9/2016) Biro Prakiraan Cuaca Taiwan memperingatkan sebelumnya, badai yang masuk kategori 5 itu mengancam sejumlah kota yang terletak di bagian selatan dan timur. Termasuk di antaranya Kaohsiung dan Hualien, yang dilanda angin kencang dan hujan deras hingga mengakibatkan banjir.
 
Topan Meranti yang kekuatannya membesar ketika mencapai Taiwan, membawa angin dengan kecepatan maksium 141 mil per jam sebelum akhirnya angin mengarah ke bagian selatan. "Sejauh ini, Topan Meranti yang terkuat tahun ini," kata Juru bicara Biro Prakiraan Cuaca Taiwan, Hsieh Pei-yun.
 
Sementara Pusat Operasi Darurat Taiwan dalam pernyataannya melansir, sedikitnya lima orang terluka akibat terjangan Meranti. Sementara situasi pasca-bencana cukup parah dengan kabel listrik berjatuhan dan pohon bertumbangan. "Kerusakan akibat Meranti terus meningkat diTaiwan. Kerugian mungkin tak dapat dihindari, namun kami berusaha meminimalkan korban," kata Juru bicara Pusat Operasi Darurat Taiwan, Li Wei-sen.
 
Sapuan Topan Merant itu juga menyebabkan gangguan terhadap transportasi publik, dan sejumlah sekolah dan kantor di Kaohsiung dilaporkan tutup. Sejauh ini kurang lebih 1.500 orang dilaporkan mengungsi. Gangguan juga dialami penerbangan domestik dan ikut mempengaruhi penerbangan internasional.
 
Berdasarkan pengamatan ahli meteorologi, Taiwan akan merasakan kekuatan penuh Topan Meranti dari Rabu 14 September hingga Kamis 15 September waktu setempat, sebelum akhirnya badai tersebut mendarat di Cina. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,