Roadshow Astra Start-Up Challenge Jaring Warga Bandung

Roadshow Astra Start-Up Challenge Jaring Warga Bandung

(Dari kiri ke kanan) Yulian Warman, Riana Bismarak, Riza Deliansyah, Billy Boen dan Koordinator Wilayah Grup Astra Bandung Ryan Wuryanto, pada Roadshow Astra Start-up Challenge Bandung di ITB, Rabu (14/9/2016). (foto - mulawarman@ai.astra.co.id)

Bandung - PT Astra International Tbk terus berusaha untuk menjaring masyarakat umum yang kreatif dan inovatif, antara lain melalui Roadshow Astra Start-up Challenge (ASC). Program kelanjutan dari komitmen Astra dalam mendukung upaya pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) itu, kali ini menyasar pemuda-pemudi Kota Bandung.
 
Roadshow ASC berlangsung di gedung Center of Research & Community Science (CRCS) ITB Bandung, Rabu (14/9/016) merupakan wujud nyata dukungan Astra terhadap UMKM di Indonesia, melalui Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) sejak hampir 40 tahun lalu. Pertama kali diluncurkan di Jakarta pada 21 Juli 2016, dengan menghadirkan tiga narasumber. 
 
Di antaranya pendiri Batik Kultur Dea Valencia, pendiri Young Entrepreneur Academy Jaya Setiabudi dan penerima apresiasi SATU Indonesia Awards 2015 bidang UMKM Faishal Arifin. Sementara program ASC di Kota Bandung menghadirkan dua narasumber, yakni CEO Belowcepek.com Riana Bismarak dan Founder Young On Top Billy Boen.
 
Secara keseluruhan, Astra dan grup perusahaannya berkontribusi bagi masyarakat dan bangsa melalui empat pilar corporate social responsibility (CSR), yakni Pendidikan, UMKM, Lingkungan dan Kesehatan. Kegiatan keempat pilar itu tertuang secara berturut-turut dalam program Astra untuk Indonesia Cerdas, Astra untuk Indonesia Kreatif, Astra untuk Indonesia Hijau dan Astra untuk Indonesia Sehat.
 
Menurut Head of Public Relations Division PT Astra International Tbk Yulian Warman, ASC digelar bagi generasi muda Indonesia berusia antara18-35 tahun, untuk memotivasi mereka dalam berinovasi menciptakan bisnis mandiri. Didukung sejumlah mitra resmi seperti Astra Mitra Ventura, FIFGroup, Smesco Indonesia, Yayasan Dharma Bakti Astra, Young Entrepreneurs Academy dan Young On Top, program ini terbagi dalam lima kegiatan utama. Yakni Proposal SubmissionEntrepreneur CampMentoringAwarding dan Lifetime Coaching.
 
"Pendaftaran ASC masih dibuka hingga 15 Oktober 2016. Informasi lebih lanjut dapat diperoleh dengan mengunjungi www.satu-indonesia.com/AstraUntukIndonesiaKreatif," kata Yulian Warman didampingi  Head of Environment & Social Responsibility PT Astra International Tbk Riza Deliansyah. 
 
Kegiatan CSR pilar UMKM dengan nama Astra Untuk Indonesia Kreatif, merupakan komitmen Astra untuk menumbuhkan usaha produktif di masyarakat dengan mendorong penciptaan lapangan kerja dan kemandirian masyarakat. Program ini dikembangkan sesuai hasil pemetaan sosial, dan menggali potensi wilayah untuk dapat diubah menjadi manfaat ekonomi dan kesejahteraan bagi masyarakat.
 
Program itu terdiri atas program Aku Bisa (Goes to E-Commerce), Bank Sampah Binaan Astra, Astra Disability Connection Program dan Astra Start-up Challenge. Hingga akhir tahun lalu, Grup Astra telah memiliki 853 UMKM Binaan Astra dengan 33.602 masyarakat penerima program.
 
Selain itu, Yayasan Dharma Bakti Astra, salah satu dari sembilan yayasan yang ada di lingkungan Astra yang bergerak di bidang UMKM, telah membina 9.528 UMKM dengan penyerapan tenaga kerja 62.514 orang per Juni 2016.  Prinsipnya di mana pun Astra berada harus memberikan manfaat bagi lingkungan sekitarnya, sesuai butir pertama filosofi Catur Dharma, yaitu Menjadi Milik yang Bermanfaat bagi Bangsa dan Negara. (Jr.)**
.

Categories:Ekonomi,
Tags:,