Pesawat Tarco Air Tabrak Elang Mendarat Darurat di Sudan

Pesawat Tarco Air Tabrak Elang Mendarat Darurat di Sudan

lLubang menganga di bagian hidung pesawat Tarco Air setelah bertabrakan dengan burung elang. (foto - Twitter)

Khartoum - Pesawat Tarco Air, sebuah maskapai penerbangan di Sudan, terpaksa mendarat darurat di Bandara El Fasher Sudan, setelah bertabrakan dengan seekor burung elang saat akan mendarat.
 
Dikutip dari Daily Mail, Kamis (15/9/2016) pesawat terbang Boeing 737 yang dipenuhi oleh penumpang tersebut mengalami kecelakaan saat akan mendarat. "Burung itu menabrak pesawat dengan nomor penerbangan 3T-400 yang saat itu akan mendarat di El Fasher," kata badan aviasi, Aviation Herald.
 
Burung besar itu membuat lubang menganga di bagian hidung pesawat. Untungnya tidak ada dampak yang serius akibat insiden tersebut. "Pesawat terbang Sudan yang mengangkut 108 penumpang itu mendarat darurat karena ditabrak oleh elang," kata seorang penumpang Usamah Mohamed dalam akun Twitter-nya.
 
Akibatnya, pihak maskapai Sudan harus mengirimkan pesawat pengganti untuk melakukan perjalanan selanjutnya. Tabrakan burung selama penerbangan adalah hal yang umum terjadi. Pilot dibekali dengan pengetahuan untuk menghindari gangguan binatang.
 
Pada Agustus 2016 misalnya, penerbangan Thomson yang bertolak dari Paphos, terpaksa harus kembali ke Bandara Birmingham karena tabrakan dengan burung di tengah penerbangan. Menurut laporan, penumpang mendengar 2 kali bunyi dentuman keras yang diikuti asap.
 
Burung besi itu berhasil mendarat di Bandara Birmingham dengan selamat. tanpa melukai satu orang penumpang pun. Bulan yang sama Qatar Airways juga dipaksa memutar dan mendarat darurat di Bandara Ataturk Istanbul. Peristiwa itu terjadi beberapa saat setelah lepas landas. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,