PON XIX Resmi Ditutup Selamat Jabar Jadi Juara Umum

PON XIX Resmi Ditutup Selamat Jabar Jadi Juara Umum

Sejumlah atraksi dan tarian kolosal berbagai daerah di Indonesia ditampilkan pada penutupan PON XIX 2016 Jawa Barat di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Gerdebage Bandung, Kamis (29/9/2016) malam. (foto - ist)

Bandung - Pesta Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX 2016 Jawa Barat resmi ditutup, di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Gerdebage Bandung, Kamis (29/9/2016) malam.

Sebagai tuan rumah, Jawa Barat sukses mencapai misinya menjadi juara umum dengan raihan 531 medali, sebanyak 217 medali emas, serta medali perak dan perunggu masing-masing 157. Sementara di posisi kedua ditempati Jawa Timur yang hanya mampu meraih 132 medali emas, 138 medali perak dan 135 medali perunggu.

Wakil Presiden Jusuf Kalla memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan PON, sekaligus memberikan ucapan selamat kepada Jawa Barat sebagai yang terdepan. Ia berharap, daerah lain yang kalah agar ke depannya lebih serius lagi dalam menjalani proses pembinaan para atlet.

"Kepada kontingen Jawa Barat yang menjadi juara umum saya ucapkan selamat. Bagi daerah yang belum berhasil, semoga ke depan bisa lebih baik," kata Kalla yang disambut tepuk tangan masyarakat yang hadir ke Stadion GBLA.

Wapres menilai, dalam olahraga setiap orang memiliki kans yang sama untuk menjadi juara. Motivasi dan hasil latihan keras pasti memba berkat untuk yang terdepan. PON XX/2020 Papua mendatang diharapkan akan berjalan lebih baik lagi. "Kita harapkan PON yang akan datang di Papua semoga menjadi lebih baik lagi". 

Sementara itu, pada rangkaian acara penutupan itu Gubernur Papua Lukas Enembe, menerima bendera PON  dari  Ketua Umum KONI Pusat, Tono Suratman, yang sebelumnya secara estafet diberikan oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. Enembe pun yang langsung mengibarkannya, sebagai simbol kesiapan Papua menjadi tuan rumah PON XX tahun 2020.

Sejumlah tarian khas Jawa Barat dan Papua pun langsung ditampilkan, lengkap dengan pakaian adat masing-masing. Para penari dari tanah Papua juga mengibarkan bendera Merah Putih. Lagu-lagu tentang Papua mengiringi aksi para penari beraksi di lapangan.

Selain itu, muncul juga video tentang sejumlah venue di Papua yang dipersiapkan untuk penyelenggaraan PON 2020. Sederet tokoh Papua juga muncul dalam video tersebut, emngisyaratkan siap menyambut ajang multievent olahraga nasional terebut. (Jr.)**

.

Categories:Olahraga,
Tags:,