Penutupan PON XIX 2016 Usung Tema Hiburan Rakyat

Penutupan PON XIX 2016 Usung Tema Hiburan Rakyat

Kemeriahan upacara penutupan PON XIX 2016 yang mengusung tema "Hiburan Rakyat". (foto - ist)

Bandung - Dengan mengusung tema hiburan rakyat, pesta penutupan PON XIX Jawa Barat di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GLBA), Kamis (29/9/2016) malam, berlangsung meriah. Hal itu sesuai dengan pesan Wakil Presiden Jusuf Kalla, yang secara resmi menutup ajang olahraga empat tahunan itu.

"Closing ceremony dilakukan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, dan yang pasti acara tersebut tetap mengusung hiburan rakyat. Hal itu sesuai dengan pesan Pak Wapres agar penutupan sarat dengan hiburan," sebut Ketua Harian Panitia Besar (PB)  PON XIX 2016 Jawa Barat Iwa Karniwa.

Menurut Iwa, panitia penyelenggara menyiapkan 21.000 kursi penonton pada acara penutupan tersebut. Jumlah itu sama seperti pada acara pembukaan, di mana tiket untuk upacara penutupan pun diberikan secara gratis.

Bagi masyarakat yang tak mendapat kesempatan untuk menyaksikan langsung di dalam stadion, panitia juga menyiapkan layar lebar di sekitar stadion. Selain unsur budaya Jabar, upacara penutupan dimeriahkan unsur budaya Papua, provinsi yang menjadi tuan rumah PON berikutnya pada 2020.

"Unsur budaya Papua ditampilkan saat penyerahan bendera PON dari Gubernur Jawa Barat. Ahmad Heryawan, selaku Ketua Umum PB PON 2016 kepada Gubernur Papua Lukas Enembe yang akan menjadi Ketua Umum PB PON 2020," kata Iwa.

Seluruh pertandingan PON Jawa Barat 2016 sebenarnya telah berakhir pada Rabu (28/9/2016) lali. Namun, beberapa masalah terjadi dalam penyelengaraan, salah satunya aksi boikot. Diharapkan pada PON berikutnya hal itu bisa dihindari. (Jr.)**

.

Categories:Olahraga,
Tags:,