Menakjubkan Aurora Borealis di Langit Reykjavik Islandia

Menakjubkan Aurora Borealis di Langit Reykjavik Islandia

Aurora Borealis di Langit Kota Reykjavik Islandia. (foto - Istagram)

Reykjavik - Sejumlah rumah warga dan lampu jalanan di ibukota Islandia, Reykjavik dipadamkan selama sekitar satu jam, mulai dari pukul 22.00 pada Rabu 28 September malam. 
 
Hal itu dilakukan guna memberikan kesempatan kepada seluruh warga Reykjavik, agar bisa melihat Aurora Borealis secara lebih jelas. "Para warga juga diajak untuk memadamkan lampu di rumah untuk memaksimalkan kegelapan, sekaligus meminimalisasi polusi cahaya," ungkap pemerintah lokal dalam sebuah pernyataannya.
 
Dilansir The Guardian,  namun Aurora yang ditunggu-tunggu tak kunjung menampakkan cahayanya hingga waktu pemadaman hampir berakhir. Menurut surat kabar Morgunbladid, hal tersebut membuat dewan kota memperpanjang waktu pemadaman hingga tengah malam.
 
"Memadamkan lampu jalan merupakan sebuah gerakan besar yang dilakukan dewan kota. Saya harap hal itu dapat dilakukan lebih sering karena kemarin telah dilakukan dengan sukses, terutama bagi mereka yang cukup sabar menunggu cahaya Aurora itu muncul," ungkap seorang pendidik di bidang astronomi, Saever Helgi Bragason kepada BBC, Jumat (30/9/2016).
 
"Itu juga mendorong orang-orang untuk pergi keluar tumah untuk melihat langit malamyang menakjubkan". Aurora merupakan sebuah pancaran cahaya yang menyala di lapisan ionosfer, akibat adanya interaksi antara medan magnetik suatu planet dengan partikel bermuatan yang dipancarkan oleh Matahari.
 
Hal tersebut terbentuk oleh atom-atom yang bertumbukan dengan partikel dari Matahari, dan terhisap oleh magnet yang terdapat di kutub utara dan selatan Bumi. 
 
Dalam fenomena itu, angin Matahari memiliki unsur penting karena dapat menggerakkan sebagian muatan listrik di atmosfer. Fenomena Aurora yang terjadi di belahan Bumi utara disebut Aurora Borealis, sedangkan Aurora Australis hanya terlihat di belahan Bumi selatan. (Jr.)**
.

Categories:Unik,
Tags:,