BI Dorong Investasi di Dalam Negeri

BI Dorong Investasi di Dalam Negeri

Deputi Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo. (Foto: Net)

Bandung - Deputi Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menilai investasi di dalam negeri, khususnya di daerah-daerah, perlu didorong untuk mencapai pertumbuhan berkelanjutan.

"Kuncinya, kalau kelihatan pertumbuhan ekonomi seperti ini kuncinya kita dorong investasi, kuncinya di situ. Karena ekspornya masih akan terus tertekan," ujar Perry di Kantor Perwakilan BI Bandung, Jawa Barat, Selasa (11/11/2014).

Perry menuturkan, wilayah-wilayah yang selama ini mengandalkan komoditas migas, harus melakukan hilirisasi khususnya wilayah Sumatera dan Kawasan Timur Indonesia (KTI).

"Misalnya karet yang selama ini diekspor, diberikan nilai tambah. Di KTI, kita dorong pembangunan smelter terus ditingkatkan value addednya," kata Perry.

Menurut Perry, investasi yang tumbuh dengan baik di daerah akan membantu mendorong laju pertumbuhan ekonomi daerah itu sendiri dan juga pertumbuhan ekonomi secara nasional.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal III 2014 mengalami penurunan dibandingkan kuartal II 2014 dari 5,1 persen menjadi  5 persen.

Penurunan pertumbuhan tersebut disebabkan perlambatan ekonomi di wilayah Sumatera yakni 4,5 persen dari sebelumnya 4,9 persen dan DKI Jakarta sebesar 6 persen dari sebelumnya 6,1 persen.

"Sehingga ini yang perlu, perbaikan iklim investasi dan daya saing. Ini yang akan kita koordinasikan dengan pemerintah, bagaimana dorong investasi, dorong agribisnis, dan dorong UMKM," kata Perry. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:perbankan,