Ratusan Warga Dievakuasi Gunung Colima Meksiko Meletus

Ratusan Warga Dievakuasi Gunung Colima Meksiko Meletus

Erupsi Gunung Colima di Meksiko Amerika Serikat. (foto - AP)

Mexico City - Salah satu gunung api paling aktif di Amerika, yakni Gunung Colima di Meksiko meletus pada Jumat waktu setempat. Gunung api tersebut tengah memuntahkan lava dan gumpalan asap hitam tebal membumbung ke udara.

Menurut Kepala Layanan Darurat Nasional, Luis Felipe Puente, sedikitnya 350 warga dari dua desa di kaki gunung tersebut telah dievakuasi. Mereka dibawa ke tempat penampungan terdekat, sebelum erupsi lebih parah terjadi.

Seperti dilansir Sputnik, Sabtu (1/10/2016) sejak awal September, gunung berapi yang terletak di bagian barat Meksiko, yakni di antara negara bagian Colima dan Jalisco tersebut, telah menunjukkan aktivitas vulkanik yang cukup tinggi sebelum akhirnya terjadi erupsi.

Sementara itu, Kepala Petugas Operasi Sistem Negara Meksiko untuk Keamanan Warga Sipil, Quiroz menyatakan dalam beberapa hari terakhir aktivitas gunung berapi Colima memang menunjukkan peningkatan. Aktivitas terbaru gunung itu pun telah mengeluarkan magma.

"Akomodasi sementara, yang memungkinkan kita untuk merelokasi sekitar  300 orang dari komunitas La Becerrera, La Yerbabuena dan San Antonio di Kota Madya Comala dan desa-desa lainnya telah dibuka," kata Quiroz.

Gunung berapi Colima yang terletak di bagian Barat Meksiko antara negara bagian Colima dan Jalisco, merupakan salah satu gunung berapi paling aktif di negara bagian tersebut. Sejak tahun 1576, tercatat lebih dari 40 kali mengalami letusan. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,