Tangki Asphalt Pertamina di Kilang Unit IV Cilacap Terbakar

Tangki Asphalt Pertamina di Kilang Unit IV Cilacap Terbakar

Tangki Asphalt Milik PT Pertamina di Kilang Cilacap Terbakar. (foto - ist)

Cilacap - Tangki Asphalt 41 T312 milik PT Pertamina (Persero) yang berada di area Kilang Unit IV Cilacap Jawa Tengah mengalami kebakaran, Rabu (5/10/2016) sekitar pukul 12.18 WIB. Namun kebakaran itu hanya berlangsung sekitar satu jam, dan apun pun telah padam.

Menurut Direktur Pengolahan Pertamina, Rachmad Hardadi, tangki aspal yang terbakar saat itu dipersiapkan untuk overhaul (perbaikan). Di dalam tangki dengan setinggi 16,5 meter dan diameter 6 meter itu, ada sisa aspal sekitar 30 cm yang akan dikeluarkan. Sedangkan kapasitas total tangki aspal sekitar 1.500 ton.

"Nah di dalam tangki ada coal heater. Sebab kalau aspal kan jika tidak dipanaskan tidak bisa mencair. Normalnya kalau dipompa, aspal keluar dari tangki. Ini kemungkinan di permukaan coal heater terjadi over heating sehingga terjadi flash," katanya.

Ia memastikan, api sudah padam total dan tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Aktivitas produksi sejumlah produk bahan bakar minyak (BBM) di Kilang Cilacap tetap berjalan normal. "Tidak ada fasilitas yang rusak, produksi minyak di kilang juga tidak terhambat," tegas Rachmat.

Sementara itu, Vice President Corporate Communication PT Pertamina Wianda Pusponegoro menyatakan, insiden overheat di tangki Asphalt tersebut terjadi saat dilakukan proses maintenance atau perawatan rutin.

"Isi Asphalt di tangki tersebut hanya tersisa setinggi 30 sentimeter, sementara tinggi tangki mencapai 16 meter dengan diameter 8 meter. Tim HSSE (Health Safety Security and Environment) Refinery Unit IV Cilacap segera melakukan penanganan hingga overheat teratasi, dan tangki dipastikan aman pukul 14.01 WIB,” kata Wianda.

Dalam kaitan itu, sejumlah warga Cilacap sempat dikejutkan oleh suara ledakan yang disusul dengan munculnya asap hitam dari arah Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,