4 Orang Tewas Topan Chaba Hantam Kota Busan Korsel

4 Orang Tewas Topan Chaba Hantam Kota Busan Korsel

Topan Chaba menyapu wilayah Pulau Jeju Korea Selatan yang menewaskan empat orang. (foto - ist)

Busan - Wilayah selatan Korea Selatan dihantam topan Chaba yang ditandai dengan terjangan angin kencang dan hujan deras, yang menyebabkan sedikitnya empat orang dinyatakan tewas. Selain itu, pelabuhan utama dan kawasan industri terendam banjir, sehingga mengganggu proses produksi di sejumlah pabrik.
 
Seperti dilaporkan Reuters, Rabu (5/10/2016) badai tersebut menerjang Pulau Jeju, hingga memporak-porandakan bangunan di pulau tersebut dan memutus aliran listrik. Terjangan badai juga membuat satu orang hilang serta 26 penerbangan, yang menghubungkan pulau wisata tersebut dengan daratan utama dan Cina dibatalkan.
 
Dilaporkan, sudah dua hari ini pelabuhan di Kota Busan ditutup seiring datangnya topan Chaba menuju ke Jepang. Pengelola resmi pelabuhan menyampaikan, pelabuhan akan dibuka mulai besok hari.
 
Topan Chaba membuat pekerjaan di dua pabrik Hyundai Motor di Kota Ulsan dihentikan, karena air membanjiri kawasan pabrik. Kedua fasilitas tersebut memproduksi mobil jenis sport utility vehicles (SUV) Accent dan Sante Fe.
 
Sementara itu kantor berita Korsel, Yonhap memberitakankegiatan operasional juga tertunda di beberapa galangan kapal di sepanjang Pantai Selatan. Laporan berbagai media setempat menyebutkan, lima orang tewas akibat Topan Chaba di Kota Busan dan Ulsan.
 
Namun demikian, Kementerian Keamanan dan Keselamatan Umum melaporkan, tiga korban tewas dan tiga orang dinyatakan hilang. Siaran televisi setempat menunjukkan banjir besar merendam sebagian besar kawasan Ulsan dan Busan. Mobil dan bangunan terendam serta gelombang badai menerjang apartemen di pesisir pantai.
 
Lebih dari 80 penerbangan di Gimhae Airport dibatalkan. Perjalanan dengan kereta api KTX juga dihentikan. Badan Pelacak Risiko Badai Tropis menyatakan, topan Chaba diharapkan melemah dan hanya menjadi badai tropis ketika mencapai Jepang. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,