Pertamina Selidiki Kebakaran Tangki Asphalt Kilang Cilacap

Pertamina Selidiki Kebakaran Tangki Asphalt Kilang Cilacap

Kilang minyak PT Pertamina (Persero) Refinery Unit IV Cilacap Jawa Tengah. (foto - Instagram)

Cilacap - PT Pertamina (Persero) menyatakan, penyebab insiden overheat atau terbakarnya tangki Asphalt 41 T312 di area Kilang Unit IV Cilacap Jawa Tengah, sejauh ini masih dalam proses investigasi.
 
"Penyebab terbakarnya kilang itu masih dalam proses investigasi,” kata Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (5/10/2016).
 
Sejauh ini, pihak Pertamina memastikan dalam insiden tersebut tidak korban jiwa. "Insiden itu tidak mengganggu operasional kilang dan tidak ada korban jiwa,” katanya. Dipastikan, pasokan BBM di wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya tidak mengalami kendala.
 
Warga Cilacap dibuat kaget adanya suara ledakan yang disusul dengan munculnya asap hitam. Pasalnya, ledakan tersebut berasal dari arah Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap Jawa Tengah.
 
Menurut Head of Communication and Relations Pertamina RU IV Cilacap Ristanto Heru Widodo, kebakaran terjadi pada sebuah tangki berukuran kecil di area kilang. "Tangki kecil nomor 41 di tengah (kilang). Kejadian sekitar pukul 12.25 WIB dan saat ini sudah dapat ditangani," katanya.
 
Ia menyatakan, pihak Pertamina saat ini masih menyelidiki penyebab terjadi kebakaran tersebut. Kejadian tersebut tidak mengganggu produksi minyak Pertamina RU IV Cilacap.
 
Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman yang sekaligus sebagai Pelaksana tugas Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Luhut Binsar Pandjaitan mengaku belum mendapat laporan, soal insiden overheat di tangki Asphalt 41 T312 di area Kilang Unit IV Cilacap. "Saya belum tahu, saya baru dengar ini," kata Luhut.
 
Menurut Luhut, pihaknya siap melakukan koordinasi dengan pihak terkait guna mengetahui informasi kebakaran tangki milik PT Pertamina. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,