Elaine, Moderator Keturunan Asia Pertama Debat Capres AS

Elaine, Moderator Keturunan Asia Pertama Debat Capres AS

Elaine Quijano, moderator keturunan Asia pertama dalam debat Capres Amerika Serikat. (foto - AFP)

Virginia - Sesuatu yang berbeda yang tak biasanya mewarnai berlangsungnya debat calon wakil presiden AS di Longwood University di Virginia, Rabu (5/10/2016).
 
Ya, Elaine Quijano merupakan jurnalis Amerika-Asia pertama yang bertindak sebagai moderator debat, ketika melaksanakan tugasnya dalam rangkaian pemilihan presiden Amerika Serikat.
 
Wanita generasi kedua sebuah keluarga keturunan Filipina itu memang menghadapi tugas yang cukup pelik. Ia harus menengahi dua politikus ulung ahli bercakap, yang saling menyela satu sama lain dari waktu ke waktu sepanjang perdebatan.
 
Elaine Quijano pun beberapa kali mengingatkan mereka untuk membiarkan yang lainnya menyelesaikan jawaban atau argumennya, untuk meminta salah satu kandidat ;ain berhenti menyela. Atau juga mengingatkan mereka untuk kembali ke topik.
 
Pada satu titik, sang moderator mempersilakan Senator Demokrat Tim Kaine untuk menjawab tudingan Gubernur Mike Pence, yang merupakan cawapres dari Partai Republik, terkait yayasan Clinton.
 
"Senator silakan memberi tanggapan, tapi perlu saya ingatkan bahwa sebetulnya topik atau sesi ini adalah tentang kebijakan mengenai Korea Utara," kata Elaine. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,