Terjangan Topan Chaba Picu Banjir Rob Layaknya Tsunami

Terjangan Topan Chaba Picu Banjir Rob Layaknya Tsunami

Ratusan kendaraan terendam banjir air laut setelah wilayah selatan Korea Selatan diterjang topan Chaba. (foto - Yonhap)

Busan - Selain menewaskan empat orang, terjangan topan Chaba yang menghantam bagian selatan wilayah Korea Selatan, juga memicu terjadinya banjir air laut di wilayah Kota Busan. 

Berdasarkan laporan Badan Prakiraan Cuaca Jepang, topan dilaporkan tengah bergerak menuju negara itu dengan kecepatan 180 kilometer per jam.

Dilansir Channel News Asia, Rabu (5/10/2016) badan meteorologi Jepang telah merilis peringatan terkait dengan adanya embusan angin kencang, yang disertai dengan hujan deras. Kemungkinan gelombang air laut juga meningkat yang bisa mengakibatkan banjir.

Topan Chaba diperkirakan akan mencapai Pulau Honshu Jepang pada Rabu malam waktu setempat, sebelum akhirnya pindah ke kawasan Pasifik.

Ketika 'mendarat' di Busan yang merupakan kota kedua terbesar di Kosel, topan Chaba membuat puluhan jadwal penerbangan keluar dan masuk ke Pulau Jeju terhenti. Ini lebih disebabkan kecepatan angin yang berhembus mencapai 200 kilometer per jam.

Lebih dari 25.000 rumah di Pulau Jeju mengalami pemadaman listrik sementara, sehingga otoritas Busan mengumumkan setidaknya 900 sekolah terpaksa ditutup. Di media sosial seperti Facebook dan Twitter, netizen menunjukkan simpati mereka melalui tagar #PrayforBusan. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,